KONI Pusat Gelar Indonesia Marathon Berhadiah 1 M

Spread the love

JakCityNews (Jakarta) –  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat bekerjasama dengan Pt. Tata Media Prima akan menggelar Indonesia Marathon berhadiah satu miliar rupiah. Hadiah tersebut diberikan kepada peserta pelari yang mampu memecahkan   rekor Nasional Marathon milik Eduardus Nabunome yang mencatatkan waktu 2 jam 19 menit 18 detik. Rencananya, perhelatan spektakuler tersebut akan digelar 23  Agustus 2020.

Nampaknya, Indonesia Maraton yang mengusung motto ‘Tembus Batas Maksimal’ itu  akan menjadi lomba marathon dengan hadiah terbesar di Indonesia. Pasalnya, hadiah miliaran rupiah akan diberikan kepada para pemenang di empat nomor yang dilombakan, yaitu  nomor Marathon, Half-Marathon, 10K dan 5K.

Diharapkan,   Indonesia Marathon   diikuti oleh  10.000 peserta baik dari dalam maupun luar negeri.  “Indonesia Marathon yang digelar bulan Agustus 2020 merupakan titik awal untuk menuju event dunia  seperti  Cicago Marathon, Tokyo Marathon dan marathon – marathon besar  lainnya,” ungkap Katua Umum KONI Pusat, Marciano Norman di Jakarta, Kamis (26/2/2020).

Lebih lanjut Martiano Norman mengatakan, Indonesia  Marathon merupakan  rangkaian  lima  seri marathon yang digelar selama 5 tahun di lima kota.  Seri pertama  digelar Agustus 2020  di  Jakarta.  Untuk tahun 2021 akan diadakan di Mandalika, Lombok.  Kemudian  tahun 2022 direncanakan di Belitung, Pulau Belitung. Tahun 2023 di Danau Toba, Sumatera Utara dan tahun 2024 di Banyuwangi, Jawa Timur.


Pada kesempatan yang sama,  Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan akan mendukung  sepenuhnya terhadap pelaksanaan Indonesia Marathon. “Ini suatu inovasi yang luar biasa dari KONI. Kemenpora akan mendukung penuh pelaksanaan Indonesia Marathon ini,” ungkapnya.

Menpora juga yakin bahwa target peserta sebanyak   10.000 peserta akan  bisa  terlampaui. Mengingat Indonesia  Marathon,   tidak hanya dilihat dari segi prestasi,  tetapi juga dari segi  pemassalan  dan memasyarakatkan olahraga. Itu sebabnya, Kemenpora akan mendukung semaksimal mungkin untuk mensukseskan  Indonesia Marathon. Dalam Indonesia Marathon, piala bergilir akan diberikan kepada pemenang di lomba kategori Nasional, Internasional dan beberapa kategori lainnya. Sedang untuk piala Katua Umum KONI Pusat  akan diberikan kepada   pemenang kategori Komunitas. (Gat)