Ketua DPR Terpilih Jadi Anggota Prepcom Sidang IPU

Spread the love
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani.

JakCityNews (Jakarta) – Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani terpilih menjadi Anggota Komite Persiapan Pelaksanaan Sidang atau ¬†Preparatory Committee dalam ¬†Inter-Parliamentary Union (IPU) 5th World Speaker’s Conference (5WCSP) yang akan dilaksanakan pada 2021 mendatang. Nantinya, Puan akan mewakili Asia Pacific Geopolitical Group (APG).

Sebagai yang diwartakan dari laman dpr.go.id, pada Selasa (3/11/2020), sebagai ketua parlemen wanita pertama di Indonesia, Puan berkesempatan untuk memajukan Diplomasi Parlemen Indonesia dalam mempengaruhi agenda politik parlemen global dalam konferensi paruh kedua tersebut yang akan diselenggarakan pada tahun 2021.

Baca juga :

Sebelumnya dalam konferensi tahap pertama, Puan menekankan agar parlemen melakukan terobosan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Menurutnya, kehadiran parlemen yang memberi dampak positif inilah yang akan membuat masyarakat memandang parlemen sebagai institusi yang tetap relevan dalam kehidupan mereka.

Untuk diketahui, Sidang IPU 5th World Conference of Speakers of Parliament berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama telah dilaksanakan pada 19 dan 20 Agustus 2020 secara virtual dan tahap kedua akan diselenggarakan di Vienna. Diharapkan, konferensi tersebut dapat memupuk semangat multilateralisme sehingga parlemen bisa memberikan sumbangsih positif dalam perdamaian dunia serta pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat global dan planet. (Bag)