Ridwan Bae Puji Desa Kutuh Jadi Destinasi Favorit di Bali

Spread the love
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae

JakCityNews (Bali) – Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae memberikan apresiasi Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali menjadi salah satu destinasi pariwisata favorit bagi wisatawan domestik maupun luar negeri. Ia menilai keberhasilan tersebut karena adanya kerja sama dari sistem dualitas kepemimpinan antara kepala desa adat dan kepala desa, saat menjalankan tugas administratif atau pemerintahan desa.

“Kenapa bisa menjadi berhasil, karena kepala desa adat dan kepala desa biasa saling bekerja sama saling menutupi kekurangan, sehingga masyarakat dapat percaya, ” kata Ridwan usai memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Desa Kutuh, Badung, Bali, Kamis (26/11/2020).

Ridwan  mengatakan, kegiatan Desa Kutuh bisa menjadi salah satu contoh atau role model untuk diikuti oleh desa-desa lainnya. Ridwan juga meminta kepada jajaran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) agar menjadikan Desa Kutuh tersebut sebagai studi banding ataupun tempat pembelajaran.

Baca juga :

‚ÄúDesa Kutuh ini bagus sekali. Punya lapangan sepak bola sendiri, hotel-hotel juga akan segera didirikan, dan pantai yang begitu bagus. Saya imbau Kementerian Desa PDTT agar menjadikan daerah ini sebagai tempat studi banding, sehingga desa lain bisa mengikuti langkah-langkahnya, ” kata politikus Golkar dapil Sultra ini.

Desa Kutuh awalnya merupakan salah satu desa termiskin di provinsi Bali. Dengan berbagai upaya dari perangkat desa dan masyarakat setempat, saat ini rata-rata jumlah kunjungan wisatawan ke daerah tersebut diperkirakan mencapai 3 ribu orang per hari, sebelum adanya Covid-19. Kesuksesan Desa Kutuh di bidang pariwisata ini, mengantarkannya menjadi percontohan bagi desa yang lainnya. (Bag)