Kantongi IPK 3,96, SAH Raih Gelar Doktor Ekonomi

Spread the love

JakCityNews (Jambi) – Anggota Komisi IX DPR  Sutan Adil Hendra (SAH) meraih gelar Doktor Ekonomi setelah mempertahankan disertasinya dalam sidang promosi di depan dewan penguji di gedung Pascasarjana, kampus Universitas Jambi (Unja), Provinsi Jambi, Senin (7/12/2020).

SAH sukses menyabet gelar Doktor Ekonomi dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,96 atau predikat Cum Laude setelah mempertahankan disertasinya berjudul “Estimasi Model Kinerja Organisasi di Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia”.

Usai ujian terbuka, SAH terlihat bersukacita karena beberapa jam kemudian istrinya, Efi Herawati juga meraih gelar Doktor Ekonomi dengan nilai A atau predikat Cum Laude pula. Efi Herawati juga berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Organisasi dan Peran Kinerja Karyawan Sebagai Variabel Mediasi di Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Provinsi Jambi”.

SAH mengatakan, banyak pengalaman saat berkuliah di program S3 yang diselesaikan dalam waktu 2,5 tahun. Terutama pengalaman dalam membagi waktu antara kuliah dengan tugasnya sebagai Anggota DPR RI dapil Jambi.

“Saya bersyukur karena akhirnya mampu menyelesaikan pendidikan hingga meraih gelar doktor,” ujar mantan Pimpinan Komisi X DPR tersebut.

Baca juga :

Sidang promosi Doktor berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti menggunakan masker, physical distancing sepanjang 1,5 meter dan memakai hand sanitizer.

“Saya sangat bersyukur banyak pihak yang mendukung pendidikan saya. Terima kasih semuanya. Terima kasih banyak untuk  anak-anak saya,” kata Ketua DPD Gerindra Jambi tersebut.

SAH menambahkan motivasi dirinya dan istri melanjutkan pendidikan S3 adalah bagian untuk memotivasi anaknya dan masyarakat khususnya generasi muda. Karena filosofi pendidikan dan ilmu pengetahuan harus membuat manusia rendah hati, bukan gelarnya yang menjadi esensi tetapi kebermanfaatan bagi orang lain dan lingkungan.

“Esensi Gelar Doktor bagi saya dan ibu adalah ilmu pengetahuan itu harus membuat kita rendah diri dan harus membawa kebermanfaatan bagi orang lain dan lingkungan,” ujar pria kelahiran Tapanuli Selatan, Sumut, 2 Agustus 1968 tersebut.

Sidang promosi SAH dipimpin Ketua Sidang  Prof. DR. IR. HJ. Anis Tatik Maryani,  MP, dengan Penguji Eksternal Prof. DR. HJ. Marnis, S.E., M.S, Sekretaris Sidang DR. H. Zamzami, SE, M.SI. Sedangkan para Penguji DR. Enggar Diah Puspa Arum  SE, AK, M.SI, CA dan DR. Drs. Syahmardi Yacob, MBA.

Hadir dalam ujian promosi tersebut Kyai H. Lohot Hasibuan, Prof Johni Najwan, Ketua Muhammadiyah Jambi Suhaimi Chan, Ketua IPHI Karimudin, Pimpinan DPRD Provinsi Jambi Rocky Candra. (Bag)