Febryan Adhitya Pimpin PB PADMI Usung Tema Semarak Dangdut dan Gencar Kembangkan Live Streaming

Spread the love
Ketum PB PADMI Febryan Adhitya SE M.Sn

JakCityNews (Jakarta) –  Organisasi profesi artis dan musisi kini kembali diwarnai oleh kemunculan PB PADMI (Pengurus Besar Persatuan Artis Dangdut & Musisi Indonesia). Meski baru seumur jagung, diperkenalkan secara lebih luas pada 9 Desember 2020 yang baru lalu, namun embrio organisasi profesi tersebut sudah ada sejak setahun lebih yang lalu.

Jika baru sekarang dimunculkan karena ingin lebih eksis di masyarakat. Setidaknya, bisa selevel dengan organisasi profesi lainnya yang sudah ada. Sebut aja PAMMI, Parfi, PARSI, Ikardi serta banyak lagi. Namun, kemunculan PB PADMI, ingin benar-benar mewadahi kalangan ptofesional artis dan musisi dengan pencapaian kehidupan masa depan lebih baik.

YM PS Febryan Adhitya SE M.Sn kini duduk sebagai Ketua Umum PB PADMI. Kemunculannya tentu saja dengan didukung sejumlah artis senior. Mulai penyanyi dangdut, musisi maupun yang berlatar belakang dari dunia film dan penyutradaraan. Mereka antara lain : Youngky RM, Mega Mustika, Ika Nurlela, Syamsul B Adnan, Cecep Sahara, Tohonan Nababan serta banyak lagi.

Disebutkan Bang Ryan – begitulah nama panggilan akrabnya – untuk mengawali gebrakan, PB PADMI sudah mulai gencar mengembangkan program Live Streaming PADMI (LSP) sejak 9 Desember yang baru lalu. Hal itu tentu saja merupakan yang pertama dan sebagai program unggulan untuk memulai gebrakannya dengan mengusung tema ‘Semarak Dangdut’ meraih sukses.

Demi mencapai harapan tersebut, Bang Ryan pun mengajak seluruh jajaran ketua dan pengurus di PB PADMI harus mau kerja keras dan berdoa.

“Saya sendiri sangat yakin dan optimis. Terutama bagi pelaku dangdut, penyanyi dan musisi, agar saling dukung demi mencapai tujuan,” terangnya  seraya menyebut slogan PB PADMI, yakni ‘Satu Hati Satu Jiwa, Satu Tekad Dalam Berkarya’.

Sedangkan Youngky RM selaku pendiri dan sekaligus pembina PB PADMI menyerukan supaya jajaran ketua dan pengurus untuk melakukan konsolidasi organisasi. Mantapkan tekad dan hati untuk satu tujuan. Harus menjadikan wadah atau organisasi profesi ini lebih baik ke depannya. Juga  merupakan wadah yang dapat memfasilitasi para seniman dangdut dalam mengembangkan kemampuan di bidangnya masing masing.

Kembali ditegaskan Ketum PB PADMI bahwa dengan adanya program Live Streaming PADMI (LSP) yang berbasis promosi wisata, maka kita dituntut dalam penggunaan konten live streaming video dan telah menjadi alternatif baru bagi kegiatan pemasaran kebanyakan sektor, termasuk pariwisata. Namun di Indonesia, pemanfaatannya masih belum dilakukan secara terintegrasi dan konsisten melalui perencanaan yang matang.

Bang Ryan menuturkan bahwa melalui perhelatan festival, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Deputi Usaha Ekonomi Kreatif Bidang Musik, meminta PB PADMI bisa memanfaatkan dan mengemas secara maksimal konten Live Streaming PADMI (LSP) video secara terintegrasi untuk meningkatkan awareness wisatawan mengenai pariwisata Indonesia melalui aktifitas event tersebut.

Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana alur konsisten sebuah event dapat dipromosikan melalui konten live streaming video secara terintegrasi melalui akun media sosial (Medsos) milik PADMI dan Kemenparekref.  Dengan menggunakan metode kualitatif yang disajikan dan dianalisa secara deskriptif analitis dari hasil riset terkait.

“Penelitian ini menggunakan pendekatan action research dalam menjelaskan pentingnya merencanakan promosi dengan menggunakan konten live streaming video secara terintegrasi dan konsisten pada tahap persiapan, tahap pelaksanaan maupun pada tahap selanjutmya,” tegas YM  PS Febryan Adhitya SE M.Sn yang juga dikenal sebagai Ketua Umum Persatuan Artis Sinetron dan Film Indonesia (PASFI) tersebut.

Baca juga :

Pada bagian lain, Ika Nurlela yang merupakan artis penyanyi senior yang berjaya di era 90-an dan duduk sebagai Ketua Bidang Even dan Management Artis PB PADMI, menegaskan bahwa program LSP tersebut sangat luar biasa. Kenapa?  Karena dapat bersinergi dengan apa yang sudah di rencanakan oleh Cecep  Sahara. Beliau dikenal sebagai tokoh pengamat musik yang profesional sekaligus pencipta lagu yang dipercaya menduduki Ketua Bidang Penanggulangan Pembajakan dan Pelanggaran Hak Cipta PB PADMI.

Ika Nurlela, Ketua Bidang Event & Manajement Artis, menjelaskan bahwa dalam pengemasan dari konsep program LSP tersebut sangat berbeda dengan konsep sebelumnya.

“Saat ini kita akan mengadakan kegiatan yang bersifat outdoor. Namun sebelumnya kami akan mengemas dengan  sebaik mungkin, agar bisa menjadi sajian dan tontonan terbaik yang sifatnya mendidik dalam kemasan seni budaya dan pariwisata,” tegasnya.

Berbeda lagi apa yang dikatakan Syamsul B Adnan. “Program LSP sangat luar biasa. Sesuatu konten khusus yang tidak dimiliki oleh semua organisasi profesi seperti PADMI ini,” ucap Syamsul B Adnan, aktor film-bintang iklan, sutradara, komposer dan pengajar bidang audio visual yang memegang jabatan sebagai Ketua Organisasi Keanggotaan dan Kadernisasi (OKK ) PB PADMI.

Dikatakan Syamsul bahwa mungkin sudah banyak yang mengetahui tahapan membuat kegiatan Live Streaming terdiri dari  pre-production, production dan post production. Namun, ternyata dalam tiap tahapan tersebut ada banyak elemen yang perlu dipersiapkan. Lakukanlah persiapan yang sangat matang sebelum syuting dilaksanakan, karena persiapan yang matang akan membuat lebih tenang. Segala persiapan tentunya dilakukan di tahap pra produksi dalam Live Streaming.

“Jadi, perlu kita pahami bahwa persiapan pra produksi ini tidak hanya dilakukan oleh sutradara saja. Namun  oleh tim produksi seperti  produser, line producer  dan kru produksi lainnya yang ikut berperan banyak dalam tahap pra produksi. Setelah itu baru kita masuk ke tahapan produksi, berlanjut ke pasca produksi, di mana pengerjaan finishing sebuah kegiatan live streming ini dikerjakan diantaranya adalah proses sediting sampai masuk ke proses penayangan,” ungkap Syamsul B Adnan. Terakhir, Tohonan Nababan sebagai Sekretaris Umum PB PADMI, menambahkan bahwa dalam produksi semua sudah tertata dengan baik jadi dalam program ini kita tidak boleh main-main. “Karenanya, LSP berikut ini akan segera terlaksana dan saat ini sudah masuk dalam tahap persiapan. Baik artis maupun musisi yang akan ikut dalam kegiatan tersebut dan termasuk team kreatif. Semua sudah stand by call, tinggal bagai mana Ketua Bidang Even PB PADMI Ika Nurlela dalam menyikapinya,” tutup Tohonan Nababan. (Agsa)