Presiden Jokowi Orang Pertama Yang Disuntik Vaksin COVID-19

Spread the love
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat disuntik vaksin COVID-19.

JakCityNews (Jakarta) – Pemerintah telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 perdana di Indonesia, Rabu (13/01/2021) pagi. Bertempat di veranda Istana Merdeka, Jakarta, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang menerima suntikan vaksin tersebut.

Bersama Presiden, turut juga menerima suntikan COVID-19 pada sesi perdana adalah sejumlah perwakilan dari latar belakang.

“Baru saja saya tadi bersama-sama dengan perwakilan dari bidang kesehatan, perwakilan agama, perwakilan pedagang pasar, perwakilan pengusaha, perwakilan buruh, perwakilan guru, dan dari perwakilan tenaga kesehatan telah melakukan vaksinasi,” ujar Presiden dalam keterangan persnya usai proses vaksinasi.

Presiden mengungkapkan, setelah sesi perdana, pelaksanaan vaksinasi akan dilanjutkan di seluruh Indonesia.

“Setelah kita melakukan vaksinasi perdana ini nanti akan terus dilanjutkan vaksinasi di seluruh provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Tanah Air,” ungkapnya.

Ditambahkannya, vaksinasi dapat dilakukan setelah terbitnya izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia.

“Vaksinasi perdana ini dilakukan setelah kita mendapatkan izin penggunaan darurat Emergency Use Authorization dari BPOM dan juga telah keluarnya fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI),” ungkap Jokowi.

Baca juga :

Presiden Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada dr. Abdul Muthalib yang menjadi vaksinator pada sesi perdana ini.

Pada kesempatan ini, Jokowi kembali menegaskan,  vaksinasi COVID-19 adalah upaya yang sangat penting untuk keluar dari pandemi COVID-19.

“Vaksinasi COVID-19 ini penting kita lakukan untuk memutus rantai penularan Virus Corona  dan memberikan perlindungan kesehatan, keselamatan, dan keamanan bagi kita semuanya, masyarakat Indonesia, dan membantu percepatan proses pemulihan ekonomi,” tukasnya.

Tak lupa, ia juga kembali mengingatkan agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan).

“Meskipun telah dilaksanakan vaksinasi, saya ingin mengingatkan kembali tentang pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan. Ini tetap terus kita lakukan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” pungkasnya. (Alvim)