Komisi III DPR Gali Informasi Rekam Jejak Calon Kapolri

Spread the love
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni.

JakCityNews (Jakarta) – Komisi III DPR RI menggali berbagai informasi tentang calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo kepada Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Rekam jejak Kapolres Sukoharjo itu diperlukan Komisi III DPR, guna melengkapi pemantauan dan evaluasi yang berkaitan dengan prestasi, integritas dan latar belakang Sigit Prabowo.

Menurut Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni, dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) banyak hal positif yang digali dari Kompolnas. Terutama tentang ideologi dan kerja sama dari calon Kapolri. DPU dengan Kompolnas dilakukan secara fisik dan virtual secara tertutup di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (18/1/2021).

“Kepada Kompolnas, Komisi III DPR menyoroti rekam jejak dan kinerja Listyo Sigit selama ini sebagai seorang perwira Polri, ” ujar Sahroni.

Baca juga :

Selain rekam jejak, politikus Fraksi Partai Nasdemi ini juga mendalami Kompolnas yang merekomendasikan nama-nama calon Kapolri kepada Presiden Jokowi. Utamanya menyangkut mekanisme pencalonan dari 13 calon, menyusut menjadi lima calon hingga menjadi calon tunggal Kapolri.

“Poinnya adalah bagaimana mekanisme dari 13 orang menjadi lima nama dan dipilih calon tunggal Kapolri oleh Presiden Jokowi, ” katanya.

Ditegaskan Sahroni, Komisi III DPR dalam RDPU mendalami mekanisme Kompolnas pada proses pemilihan nama-nama calon Kapolri lalu diserahkan kepada Presiden Jokowi. “Berbagai pertanyaan Anggota Komisi III DPR langsung dijawab oleh Ketua Kompolnas yang juga menjabat Menko Polhukam Mahfud MD, ” katanya. (Bag)