Mudahkan DPR, Arsul Sani Sarankan KY Miliki Profilling Hakim

Spread the love
Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani.

JakCityNews (Jakarta) – Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani menyarankan agar Komisi Yudisial (KY) memiliki bank data yang menyimpan profil (profilling) lengkap para hakim yang akan menjadi calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc pada Mahkamah Agung (MA) RI.

Saran dilontarkan Arsul dalam fit and proper test calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc Mahkamah Agung, di ruang rapat Komisi III DPR RI, Gedung Nunsatara II, Senayan, Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Menurut Arsul, melalui profilling ini akan memudahkan DPR RI dalam melakukan uji kelayakan dan kepatutan, serta menyetujui calon hakim yang diusulkan KY.

“Profiling yang ada,  akan membantu kami melihat calonnya apakah akan disetujui atau tidak, ” kata Arsul Sani.

Menyinggung umur secara formal memang memenuhi syarat, cuma Komisi III DPR secara highlight berharap agar jangan terlalu muda.

Baca juga :

“Sebab akan terlalu lama menjadi Hakim Agungnya, sementara Hakim Agung kan agak susah diawasi,” ujar Arsul.

Arsul berpesan agar KY tetap menjaga independensinya terhadap Mahkamah Agung (MA),  dan harus menghindari konflik yang tidak penting dengan MA yang menjadi mitranya. 

Anggota Komisi Yudisial RI Joko Sasmito menjelaskan bahwa lantaran kondisi pandemi, maka kuota calon diakuimya tidak sesuai harapan, yaitu seleksi tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka. 

“Sementara itu komisioner KY juga ada yang akan mengakhiri masa jabatan dalam waktu dekat ini, sehingga akibat hal itu kuota calon tak dapat dipenuhi, ” katanya. (Bag)