Senator : Pandemi, Ketersediaan Darah Harus Tetap Terjaga

Spread the love
Anggota DPD RI Fahira Idris (tengah berbaju hitam).

JakCityNews (Jakarta) – Anggota DPD RI Fahira Idris mengingatkan warga Jakarta tidak ragu mendonorkan darahnya dan terua menjaga kesehatan tubuh dengan asupan makanan bergizi serta berolahraga rutin untuk tetap menjaga kualitas darah. 

“Kebutuhan akan darah semakin meningkat, sementara kegiatan donor darah yang biasa dilakukan banyak institusi, intensitasnya berkurang,” ujar Fahira Idris di sela-sela rangkaian kegiatan donor darah di Jakarta,  Sabtu (3/4/2021).

Tingginya antusiasme warga menjadi pendonor membuktikan bahwa donor darah di masa pandemi COVID-19 ini tetap aman karena dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Baca juga :

“Kami akan menjadikan kegiatan donor darah sebagai kegiatan rutin dan melebarkan kegiatannya hingga ke tiap kecamatan yang ada di Jakarta demi tetap menjaga ketersediaan stok darah, ” ujarnya.

Fahira menambahkan ketersediaan darah harus tetap terjaga karena di Jakarta masih banyak pasien yang membutuhkan tambahan darah rutin seperti penderita talasemia. Termasuk penyakit-penyakit lain yang membutuhkan transfusi darah untuk proses pengobatan dan korban kecelakaan lalu lintas yang harus segera ditolong. 

“Kesembuhan saudara-saudara kita ini sangat tergantung akan ketersediaan darah. Itulah kenapa kami berkomitmen membantu PMI menjamin ketersediaan darah, agar lebih banyak nyawa yang bisa terselamatkan,” kata Senator DKI Jakarta ini. (bag)