LaNyalla Canangkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Spread the love
Ketua DPD, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti (tengah berkopiah)

JakCityNews (Banjarmasin) – Saat mengisi kuliah umum di STIE Indonesia Banjarmasin, Ketua DPD, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mencanangkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program tersebut merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek).

Pencanangan dilakukan LaNyalla secara simbolis kepada pihak kampus di Aula STIE Indonesia Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (24/5/2021). Ketua DPD RI pun mendorong mahasiswa mempersiapkan karier yang komprehensif melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) bangsa yang unggul.

“Asah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. Kemudian eksplorasi pengetahuan dan kemampuan di lapangan. Lalu belajar dan perluas jaringan di luar program studi atau kampus asal dan timbalah ilmu secara langsung dari mitra berkualitas dan terkemuka,” papar LaNyalla.

Baca juga :

Dalam kesempatan itu, LaNyalla menyaksikan kerja sama antara DPD RI dengan STIE Indonesia Banjarmasin dalam bidang penelitian, pengabdian masyarakat, dan peningkatan SDM. Kegiatan  kuliah umum sendiri dilakukan gabungan secara langsung dan virtual.

LaNyalla diberikan kuliah umum  mengenai ‘Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Berkeadilan’.

Pada kuliah umum tersebut, LaNyalla mengatakan julukan Indonesia sebagai ‘Zamrud Khatulistiwa’ tidaklah berlebihan.

“Karena Indonesia memang seperti untaian perhiasan yang terbentang sepanjang garis khatulistiwa di wilayah NKRI. Dan Pulau Kalimantan menjadi salah satu pulau di Indonesia yang dilalui secara tepat oleh garis khatulistiwa, yang menjadikan Kalimantan sebagai titik ekuator Negara Indonesia,” katanya.

Menurutnya, tantangan yang harus dihadapi adalah membuat sumber daya alam itu mampu mendukung kemakmuran dan kesejahteraan berkeadilan di negeri sendiri.

“Di sinilah pentingnya kita menggalang kesadaran bersama. Untuk terus menerus bekerja tanpa lelah guna berbuat untuk bangsa dan negara ini. Karena perubahan adalah keniscayaan. Selama dilandaskan kepada semangat untuk Bersama Dalam Kebaikan. DPD RI akan tetap konsisten mengawal kepentingan daerah. Karena kami para Senator adalah wakil daerah,” ujarnya. (Bag)