Minang Derbie Mampu Tingkatkan Rating Program TV Lokal

Spread the love
Anggota Komisi I DPR RI Bambang Heri Purnama (BHP).

JakCityNews (Jakarta) – Anggota Komisi I DPR RI Bambang Heri Purnama (BHP) meminta Stasiun TVRI Sumatera Barat agar dapat membuat atau menayangkan program-program adat daerah yang kental. Tayangan olahraga budaya lokal seperti kejuaraan pacuan kuda secara live diyakini akan berpengaruh kepada rating program TVRI Sumatera Barat.

“Pacuan kuda Minang Derbie yang digelar setiap tahun di Sawahlunto dan Bukittinggi akan mampu menaikkan rating program TV Sumbar, ” kata BHP di Jakarta, Rabu (27/5/2021).

Selain berpengaruh kepada rating program TVRI Sumbar, BHP mengatakan penyiaran secara langsung kejuaraan kuda Minang Derbie pun akan meningkatkan budaya adat dari Provinsi Sumatera Barat. Apalagi jika ditayangkan keberhasilan peternakan kuda di Sumbar yang bisa menciptakan kuda berkualitas dengan harga fantastis dan disertai tips terkait cara merawat kuda.

Baca juga :

“Kuda padang itu tembus harga paling tinggi yaitu 1 kg emas, waktu itu sekitar 2017-an 1 kilo emas harganya sekitar 550 juta dan itu laku. Semua ini dapat dikemas secara menarik di dalam suatu program oleh TVRI Sumatera Barat, ” ujarnya di Stasiun TVRI Sumatera Barat, Padang, Selasa (25/5/2021) lalu.

Hal senada dikatakan Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari. Politikus Fraksi PKS itu menyarankan agar TVRI Sumatera Barat membuat program seperti di TVRI Yogyakarta yang berjudul ‘Pangkur Jenggleng’.

“Setiap program itu ditayangkan, seluruh masyarakat Yogya menghentkan semua aktifitas menonton sinetron dan beralih ke tontonan program tersebut. Terlebih, untuk dapat hadir di studio dalam program Pangkur Jenggleng, masyarakat harus menunggu hingga 1.5 tahun, ” katanya. (Bag)