Kodim 0911 Bersama Bupati Nunukan Kalimantan Utara Resmikan Program TMMD 2021

Spread the love
Komandan Kodim 0911/Nunukan, Letkol Czi Eko Pur Indriyanto selaku Dansatgas TMM saat memberikan pengarahan (ist)

JakCityNews (Nunukan) -Bupati Nunukan, Kalimantan Utara, Asmin Laura Hafid resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah Perbatasan ke-111 Tahun 2021 bersama Komandan Kodim 0911/Nunukan, Letkol Czi Eko Pur Indriyanto selaku Dansatgas TMMD ke 111, Selasa (15/6/2021).

Menurut Letkol Czi Eko Pur Indriyanto, program TMMD di Desa Binusan Dalam atau tepatnya di RT 11 Nunukan, Kalimantan Utara, perlu mendapat sentuhan dan perhatian karena kondisinya sangat membutuhkan dibukanya akses jalan serta pembangunan sarasan di desa tersebut.

“Seperti sudah kita ketahui secara bersama-sama bahwa di Desa Binusan Dalam ini, masih banyak yang harus dibangun. Terutama akses jalan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh warga masyarakat di desa ini,” ucap Letkol Eko ditengah-tengah acara peresmian TMMD wilayah Perbatasan ke 111 Tahun 2021.

Ditambahkan Eko lebih lanjut dengan warga desa bermata pencaharian sebagai petani dan berkebun, maka untuk membawa hasil panen selalu menjadi hambatan yang berarti. Apalagi untuk tujuan membawa hasil panen dan untuk menjualnya ke kota.

Hamparan lahan yang belum memiliki sarana jalan yang memadahi (ist).

Baca juga :

“Ketika kami meninjau lokasi kemarin, justru banyak warga masyarakat di sini yang mengeluh dan resah. Bukan hanya soal listrik, tapi juga terkait kebutuhan Sembako akibat sulitnya transportasi dari Kota Nunukan ke desa sini atau sebaliknya terutama untukmenjual hasil panen sawah dan kebun,” bebernya.

Dalam kegiatan TMMD ini, Kodim 0911/Nunukan juga sudah merencanakan pembangunan yang terbagi menjadi dua sasaran yakni sasaran fisik dan sasaran non fisik. Untuk sasaran fisik yaitu, Pembukaan Badan Jalan 1.000 Meter x 6 Meter, Pembangunan 4 Buah Plat Duicker dengan ukuran 1,5 Meter x 6 Meter serta sasaran tambahan seperti pembuatan MCK 1 unit dan rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak 5 unit.

Namun untuk sasaran non fisik meliputi Penyuluhan Wawasan Nusantara, Penyuluhan Bela Negara, Pelayanan Kesehatan (Bahaya Narkoba & HIV /Aids), Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Sosialisasi Covid 19, Penyuluhan perekrutan menjadi anggota TNI, Sosialisasi Stunting, Kegiatan Posyandu dan Posbindu PTM. (Agsa)