Garansi Tiga Angka Timnas Italia

Spread the love
Tim ‘Biru Langit’ Italia.

JakCityNews (Eropa) – Garansi tiga angka bakal dilakoni tim ‘Biru Langit’ Italia saat menghadapi ‘La Nati’ Swiss dalam lanjutan fase Grup A Piala Eropa 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (17/6/21), 02:00 WIB. Bisa meraih tiga angka pada laga nanti, bakal memastikan langkah Biru Langit ke fase berikutnya.

Pasalnya, Italia menjadi satu-satunya tim di Grup A yang mengoleksi tiga angka usai memainkan laga perdana. Pasukan Roberto Mancini itu unggul dua angka dari Swiss dan Wales di urutan kedua dan ketiga. Sedangkan Turki di posisi buncit, tanpa angka. Itu artinya, Italia dipastikan lolos ke fase berikutnya jika mampu menumbangkan La Nati pada laga nanti. Adanya garansi tiga angka melawan Swiss inilah yang dianggap penting bagi Mancini.

Ia pun meminta anak-anak asuhnya mewaspadai ancaman La Nati yang dipastikan bakal ngotot untuk menang. Maklum, jika gagal menang pada laga nanti, kans Swiss untuk lolos ke fase berikutnya, akan semakin kecil. Mancini bahkan memprediksi jika pertandingan nanti tidak akan berjalan mudah bagi Ciro Immobile dan kolega. Apalagi kemampuan yang dimiliki para pemain di antara kedua tim, cukup setara secara statistik.

“Ini pertandingan penting dan kami sangat menghormati tim yang kami hadapi. Tentu, ini tidak akan mudah. Swiss adalah tim yang kuat dengan banyak pemain yang tahu cara mengatur ritme pertandingan, terutama dalam serangan. Mereka punya pemain yang dapat mengubah pertandingan dalam sekejap. Kami dapat mengubah beberapa pemain tetapi itu tidak mengubah keyakinan tim kami. Saya tetap yakin dengan tim ini,” kata Mancini, dikutip laman resmi UEFA.

Baca juga :

Sementara pelatih Swiss, Vladimir Petkovic kembali mengingatkan anak-anak asuhnya untuk lebih fokus. Ia tidak ingin kegagalan meraih kemenangan saat melawan Wales pada laga perdana, terulang lagi.

“Kami tidak hanya melawan tim favorit di grup ini, tapi juga di turnamen ini. Kami harus bermain dengan motivasi 120 persen, jika diperlukan. Italia akan bermain dengan penuh percaya diri, tapi kami telah membuktikan selalu bisa mengimbangi mereka,” tegas Petkovic.

Dalam lima pertemuan terakhir kedua tim sejak Juni 1999 silam, empat laga di antaranya memang selalu berakhir dengan skor imbang. Sedangkan sisanya dimenangkan Italia dengan skor tipis 2-1. Pada laga lainnya, Turki menghadapi Wales di Stadion Baki Olimpiya, Baku, Azerbaijan, Rabu (16/6/31), 23:00 WIB. Sedangkan di Grup B, Finlandia bakal sambangi Rusia di Stadion Saint-Petersburg, Rabu (16/6/21), 20:00 WIB. (nuj)

Italia vs Swiss, Kamis (17/06/21), 02:00 WIB, Stadion Olimpico

REKOR PERTEMUAN:

06/06/10, Swiss v Italia 1-1

13/08/09, Swiss v Italia 0-0

01/06/06, Swiss v Italia 1-1

30/04/03, Swiss v Italia 1-2

PRAKIRAAN PEMAIN:

Italia (4-3-3): Donnarumma (g); Florenzi, Bonucci, Chiellini, Spinazzola; Barella, Jorginho, Locatelli; Berardi, Immobile, Insigne.

Swiss (3-5-2): Sommer (g); Elvedi, Schar, Akanji; Mbabu, Zakaria, Shaqiri, Xhaka, Rodríguez; Embolo, Seferovic.