Italia Lolos ke Babak 16 Besar, Mancini Ogah Sesumbar

Spread the love
Timnas Italia sukses menggilas Swiss 3-0, di Piala Eropa 2020.

JakCityNews (Eropa) – Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini ogah sesumbar usai timnya sukses menggilas Swiss 3-0, sekaligus menjadikan mereka sebagai tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Mancini menilai, perjalanan untuk memberi kebahagiaan bagi seluruh masyarakat Italia, masih sangat panjang.

Italia mulai disebut-sebut sebagai tim unggulan di Piala Eropa kali ini setelah mencatat 10 kemenangan beruntun, tanpa pernah kebobolan. Pun, masih ada banyak tantangan yang harus dilalui tim berjuluk Biru Langit itu untuk menjadi yang terbaik di turnamen ini, sekaligus mengubur kekecewaan setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018 lalu. Mancini bahkan melihat setidaknya masih ada tiga tim yang dapat menjadi pesaing terberat tim Biru Langit di turnamen ini.

“Masih ada Prancis, Portugal, dan Belgia. Salah satunya adalah juara dunia, yang lain adalah juara Eropa, dan yang lainnya adalah tim peringkat nomor satu di dunia. Mereka adalah tim yang telah dibangun sejak lama dan wajar jika mereka lebih kuat dari kami. Tapi dalam sepak bola, semuanya bisa terjadi,” jelas Mancini seperti dikutip BBC, usai timnya sukses menggilas Swiss 3-0 dalam lanjutan fase Grup A di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (17/6/21) dini hari WIB.

Baca juga :

Kini giliran Manuel Locatelli yang menjadi bintang di lapangan setelah mencetak dua gol ke gawang Swiss (26″ dan 52″). Sedangkan satu gol lainnya, dicetak Ciro Immobile, satu menit jelang laga bubaran. Mancini memuji performa para pemainnya yang sudah bekerja keras untuk memenangkan pertandingan dengan skor telak, tiga gol tanpa balas. Padahal, sebelumnya ia sempat menilai laga ini akan berjalan tidak mudah bagi Immobile dan kolega.

“Saya sangat beruntung karena memiliki beberapa pemain yang sangat bagus dan sangat menyukai permainan ini. Mereka bermain di luar pemikiran saya dan suka mengambil risiko. Para pemain adalah orang-orang yang pantas mendapatkan pujian. Saya mencoba menjelaskan proses pemikiran saya dan masih ada jalan panjang yang harus dilalui,” lanjut Mancini yang sukses membawa Italia memimpin Grup A dengan enam poin.

Italia unggul dua angka dari Wales di urutan kedua yang sebelumnya sukses menekuk Turki 2-0. Sedangkan Swiss di posisi ketiga dengan satu angka, disusul Turki sebagai juru kunci, tanpa angka. Selanjutnya, Italia bakal ditantang Wales dan Turki menghadapi Swiss, akhir pekan ini. Sementara itu pada laga lainnya di Grup B, Rusia kalahkan Finlandia 1-0, berkat gol tunggal Aleksei Miranchuk di Stadion Saint-Petersburg. (nuj)