BKSP – Dubes Arab Saudi Bahas Pengembangan Kerja Sama

Spread the love
Ketua BKSP Gusti Farid Hasan Aman saat bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi,

JakCityNews (Jakarta) –  Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI menilai Arab Saudi merupakan mitra penting Indonesia. Kedua negara ini memiliki hubungan baik dan sudah berjalan dalam jangka waktu yang sangat lama. 

“Arab Saudi mitra penting dan punya kedekatan khusus dengan masyarakat Indonesia. Karena itu DPD RI berharap itu bisa menjadi modal untuk kerja sama yang lebih luas,” ucap Ketua BKSP Gusti Farid Hasan Aman saat bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi, Jakarta, Kamis (17/6/2021).

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi dalam pertemuan tersebut memaparkan,  hubungan kedua negara semakin baik, khususnya pasca kunjungan kedua kepala Negara.

“Arab Saudi juga ikut berinvestasi dalam pembangunan ibu kota negara (IKN),” tuturnya.

Baca juga :

Menurut Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi, kerja sama ekonomi dan perdagangan juga semakin intensif dan akan segera dilakukan expo perdagangan kedua negara.

“Dalam perjanjian sosial budaya, kedua negara juga terus mengembangkan hubungan people to people yang berbasis pada semangat perdamaian, toleransi dan kemanusiaan,” paparnya.

Haji dan Umrah

Anggota DPD RI asal Provinsi Banten Ali Ridho mengatakan,  jamaah haji Indonesia telah dua kali tidak bisa berangkat disebabkan oleh pandemi yang belum usai. Hal ini mengakibatkan antrian jamaah haji yang semakin panjang dan lama serta beberapa daerah bahkan antriannya bisa lebih dari 40 tahun.

“DPD RI berupaya mengakomodasi aspirasi masyarakat dan menyampaikan secara langsung pada Yang Mulia Dubes Arab Saudi. Harapannya ada solusi yang baik bagi kedua belah pihak,” terangnya. Menanggapi hal tersebut, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi mengatakan, pihaknya memahami keinginan masyarakat Indonesia dan soal ini akan menjadi masukan dan pertimbangan pemerintah Arab Saudi ke depan. (Bag)