Belgia ke Babak 16 Besar, Martinez Belum Pikirkan Finlandia

Spread the love
Belgia kalahkan Denmark 2-1 dalam lanjutan fase Grup B.

JakCityNews (Eropa) – Timnas Belgia menjadi tim kedua yang dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 setelah Italia. Kepastian itu ditentukan pasukan Roberto Martinez, usai mengalahkan Denmark 2-1 dalam lanjutan fase Grup B di Stadion Parken, Kopenhagen, Jumat (18/6/21) dini hari WIB.

Meski masih tersisa satu laga melawan Finlandia, posisi Belgia sebagai pimpinan Grup C, sudah tidak mungkin dikejar oleh dua tim yang sudah mereka kalahkan, yakni Rusia dan Denmark. Saat ini Belgia memimpin Grup C dengan enam poin. Mereka unggul tiga angka dari Rusia dan Finlandia di urutan kedua dan ketiga. Itu artinya, satu-satunya tim yang dapat menggusur Belgia dari pimpinan Grup C, adalah Finlandia.

Itupun jika Romelu Lukaku  dan kolega dapat dikalahkan oleh Finlandia dengan selisih minimal dua gol. Meski demikian, Martinez masih enggan memikirkan tentang laga Finlandia. Saat ini ia hanya ingin anak-anak asuhnya untuk menikmati kemenangan atas Denmark.

“Mari kita rayakan dulu dan kemudian kita bisa berbicara tentang laga selanjutnya (melawan Finlandia),” kata Martínez seperti dinukil laman resmi UEFA, usai laga.

Baca juga :

Maklum, kemenangan atas Denmark menjadi emosional, mengingat Belgia sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Yussuf Poulsen saat laga belum genap berusia dua menit. Beruntung, Iblis Merah, julukan Belgia, bisa menyamakan kedudukan lewat gol Thorgan Hazard (55″). Belgia akhirnya bisa memastikan kemenangan, berkat gol Kevin de Bruyne (76″).

“Sudah lama sejak kami terakhir kali diuji seperti ini. Babak pertama para pemain tampak terkejut tetapi mereka memiliki pengalaman untuk membalikkan keadaan,” lanjutnya.

Dengan hasil ini, laga pamungkas antara Denmark melawan Rusia menjadi partai ‘hidup-mati’ bagi kedua tim. Pasalnya, kedua tim wajib menang jika ingin mendampingi Belgia ke babak 16 besar.

“Kami dapat mengambil banyak hal dari dua laga ini. Sekarang kami akan menutup pertandingan ini. Saya sudah memikirkan Rusia. Kami belum selesai di turnamen ini, dan kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk mengalahkan Rusia.” Ungkap pelatih Denmark, Kasper Hjulmand.

“Saya tidak bisa menggambarkan betapa saya sangat menghormati grup ini dan orang-orang ini. Kami merasakan dukungan yang sangat besar dari semua orang yang mendukung kami, seluruh stadion dan semua orang yang kami temui. Kami merasakan cinta dari kalian. Itulah yang akhirnya berhasil. Dan juga bahwa grup ini sangat serasi,” tuntasnya. (nuj)