Terapkan Manajemen Risiko, Setjen DPR RI Sosialisasi dan Luncurkan SIMANIS

Spread the love

JakCityNews (Jakarta) – Dalam rangka memberikan pemahaman berbagai aspek dalam penerapan manajemen risiko di Sekretariat Jenderal DPR RI (Setjen) DPR RI menggelar sosialisasi dan peluncuran Sistem Manajemen Risiko Instansi (SIMANIS) di Jakarta, Jum’at (18/6/2021).

Menurut Inspektur II Setjen DPR RI, Furcony Putri Syakura, sosialisasi ini merupakan salah satu rangkaian proses dalam Proyek Perubahan dalam rangka Pelatihan Kepemimpinan Nasional ( PKN) LAN II Angkatan III Tahun 2021 terhadap sistem manajemen risiko instansi.

“Melalui sosialisasi ini, diharapkan para stakeholder memahami berbagai aspek dalam penerapan manajemen risiko di Setjen DPR RI yang telah mengimplementasikan Model Tiga Lini (Three Lines of Model) dan SNI 8848:2019 yang diadopsi dari ISO 31000, ” ujar Furcony Putri Syakura.

Conny sapaan karib Furcony Putri Syakura mengatakan SIMANIS yaitu sebuah sistem informasi terintegrasi berbasis aplikasi yang digunakan untuk membantu Pemilik Risiko, Pengelola Risiko, Unit Manajemen Risiko, dan Unit Pengawas Intern dalam proses penerapan Manajemen Risiko di Setjen DPR RI. 

Dalam sosialisasi ini dipaparkan secara rinci mengenai perubahan kebijakan dan selanjutnya proses penerapan manajemen risiko di Setjen DPR RI yang menjadi lebih relevan dalam mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024 dan telah ditetapkan melalui Perpres Nomor 18 Tahun 2020. 

Baca juga :

“Setelah kegiatan sosialisasi, dilanjutkan dengan uji coba penggunaan aplikasi SIMANIS dengan sampling Unit Pemilik Risiko : Biro Pemberitaan Perlemen sebagai perwakilan pemilik risiko yang bersedia untuk dilakukan uji coba,” kata Conny.

Dalam kesempatan sama, Angela Indirawati Simatupang selaku President Institute of Internal Auditors Indonesia (IIA Indonesia), Widya Iswara Ahli Utama, Winantuningtyastiti; Direktur Bidang Pengawasan Bidang Politik dan Penegakan Hukum BPKP Tri Handoyo; serta Kapus Diklat Pegawai ASN Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi Mulyadin Malik mendukung inisiasi Inspektorat menggelar sosialisasi SIMANIS.

“Kami memberikan apresiasi  komitmen dan aksi perubahan atas praktik pengawasan dan penerapan manajemen risiko yang di inisiasi oleh Inspektorat Utama Setjen DPR RI, ” ujar Angela.

Sosialisasi dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat itu dihadiri antara lain oleh Setyanta Nugraha selaku Inspektur Utama Setjen DPR RI, dan secara daring, Widyaiswara Ahli Utama LAN RI, Winantuningtyastiti Swasanani, serta Inspektur V Kementerian Keuangan, Patrick Wahyuwisaksono, Inspektur Kementerian/ Lembaga  Negara (MPR ,DPD,BPK,MA,MK,KY), Sekwan/Inspektorat seIndonesia. Simanis diharapkan bisa menjadi role model utk Inspektorat lain dlm penerapan manajemen risiko. (Bag)