Wales Dampingi Italia ke Babak 16 Besar, Swiss Harap-harap Cemas

Spread the love

JakCityNews (Eropa) – Kekalahan 0-1 yang ditelan Timnas Wales dari Italia, Senin (21/6/21) dini hari WIB, tidak mengubah nasib mereka. Pasukan Rob Page itu tetap mendampingi Italia sebagai runner-up Grup A pada babak 16 besar Piala Eropa 2020.

Pasalnya, Swiss yang menang 3-1 atas Turki pada saat yang sama, tidak mampu menggusur Wales yang sama-sama mengoleksi empat angka. Swiss kalah produktivitas gol dari Wales dan harus puas finis di posisi ketiga. Tidak heran jika kekalahan dari Italia, tidak membuat Page kecewa.

“Rasanya seperti meraih sebuah kemenangan karena kami finis di posisi kedua,” kata Page seperti dikutip laman resmi UEFA, usai pertandingan.

Page merasakan sebuah kemenangan karena melihat usaha yang diperlihatkan Gareth Bale dan kolega selama pertandingan. Wales yang bermain dengan 10 orang akibat kartu kuning kedua Ethan Ampadu (55″), mampu menghindari kebobolan yang banyak. Sebaliknya, Italia hanya mampu mencetak satu gol untuk menentukan kemenangan mereka, lewat aksi Matteo Pessina (39″). Skor 1-0 untuk keunggulan Italia pun tidak berubah hingga bubaran laga.

Baca juga :

“Kami tahu ini akan menjadi laga berat dan bakal sering main di area sendiri. Bahkan dengan 11 pemain itu sulit dan melakukannya hanya dengan 10 pemain membuatnya jadi bukit yang lebih tinggi untuk didaki. Kredit sepenuhnya kepada para pemain, saya tidak bisa memuji mereka lebih dari ini, dan saya sangat bangga terhadap mereka. Para pemain kami pantas mendapat pujian apapun yang akan datang,” puji Page.

Dengan kondisi ini, Wales dipastikan tampil tanpa Ampadu pada babak 16 besar mendatang di Amsterdam, Belanda pada 26 Juni mendatang. Adapun tim yang berpeluang menjadi calon lawan Wales sebagai runner-up Grup B adalah Rusia, Finlandia, dan Denmark. Sementara Italia sebagai juara Grup A, akan bertemu runner-up Grup C di London Inggris pada 26 Juni mendatang. Tim yang berpeluang menduduki posisi runner-up Grup C, adalah Ukraina dan Austria.

Sedangkan nasib Swiss masih akan ditentukan setelah seluruh laga pamungkas rampung digelar. Meski sangat kecil, Swiss masih berpeluang lolos sebagai tim peringkat tiga terbaik. Dari enam grup yang ada, hanya empat tim yang berhak lolos ke babak 16 besar dengan predikat sebagai peringkat tiga terbaik. (nuj)