Saat Keputusan Berada di Tangan Ukraina

Spread the love
Ilustrasi.

JakCityNews (Eropa) – Partai pamungkas Grup C Piala Eropa 2020, antara Ukraina dan Austria di Arena Nationala, Bukarest, Senin (21/6)21), 23:00 WIB, bisa jadi bakal sengit, tetapi juga membosankan. Pasalnya, laga yang hanya akan menentukan posisi di dalam grup, bisa jadi bakal hambar jika Ukraina mempertimbangkan calon lawan di babak 16 besar.

Maklum, kedua tim dipastikan lolos ke babak 16 besar jika tidak ada pemenang atau kedua tim saling berbagi angka pada laga nanti. Saat ini, baru Belanda yang sudah memastikan tempat ke babak 16 besar sebagai juara Grup C setelah mengoleksi enam angka. Sedangkan Makedonia Utara yang menghadapi Belanda pada hari yang sama, sudah dipastikan tersingkir dari gelaran Piala Eropa 2020 karena menjadi juru kunci, tanpa angka.

Dengan kata lain, duel antara Ukraina dan Austria, hanya akan memperebutkan tempat runner-up Grup C yang sudah dipastikan bakal bentrok dengan Italia (juara Grup A) pada babak 16 besar. Ukraina yang mengoleksi tiga angka di urutan kedua, lebih diuntungkan arena unggul produktivitas gol dari Austria di posisi ketiga. Tapi keputusan kini, akan tergantung dari usaha pasukan Andrey Sevchenko yang sudah pasti turut mempertimbangkan calon lawan di babak 16 besar.

Baca juga :

Jika ingin bertemu Italia, mereka hanya butuh hasil imbang saat melawan Austria dan lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup C. Namun ceritanya akan berbeda, jika ingin mengambil resiko dan lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat tiga terbaik dari Grup C. Maklum, tim yang lolos sebagai peringkat tiga terbaik dari Grup C, bisa mendapat lawan yang lebih berat, tetapi juga lebih ringan dari Italia.

Seperti disadur laman resmi UEFA, tim yang lolos sebagai peringkat tiga terbaik dari Grup C, bisa menghadapi lawan yang lebih berat dari Italia karena kemungkinan akan berhadapan dengan juara Grup F yang akan dihuni Prancis, Jerman, atau Portugal. Tetapi bisa juga mendapat lawan yang lebih ringan dari Italia karena kemungkinan akan berhadapan dengan juara Grup E yang bisa dihuni Swedia, Slowakia, Spanyol, atau Polandia.

Namun Sevchenko sepertinya tidak ingin mengambil resiko dan ‘mengalah’ dari Austria. Apalagi pria yang banyak menghabiskan kariernya di Serie A , merasa sudah sangat mengenal karakter permainan tim dari negeri pizza tersebut.

“Akan sangat emosional bagi saya jika kami bisa lolos ke babak 16 besar dan menghadapi Italia. Kami selalu bertekad untuk menang di setiap pertandingan,” tegas Sevchenko yang ogah ‘mengalah’ dari Austria, seperti disadur Reuters. (nuj)

Ukraina vs Austria; Senin (21/6/21), 23:00 WIB; Arena Nationala

REKOR PERTEMUAN :

02/06/12, Austria v Ukraina 3-2

16/11/11, Ukraina v Austria 2-1

PRAKIRAAN PEMAIN :

Ukraina (4-3-3): Bushchan (g); Karavaev, Zabarnyi, Matviyenko, Mykolenko; Malinovskyi, Stepanenko, Zinchenko; Yarmolenko, Yaremchuk, Tsygankov.

Austria (3-5-2): Bachmann (g); Dragović, Alaba, Hinteregger; Lainer, Sabitzer, X. Schlager, Grillitsch, Ulmer; Baumgartner, Arnautović.