Ketua DPD RI Minta Pemda Atur Lokasi Penjualan Hewan Kurban

Spread the love
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta pemerintah daerah untuk segera mengatur lokasi penjualan hewan kurban.

JakCityNews (Jakarta) – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta pemerintah daerah untuk segera mengatur lokasi penjualan hewan kurban. LaNyalla mengingatkan hal tersebut menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, pada 20 Juli 2021 mendatang.

“Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah sudah semakin dekat, hanya sekitar satu bulan lagi. Oleh karena itu, pemerintah daerah harus segera menyiapkan lokasi bagi pedagang kurban,” katanya. 

LaNyalla menambahkan, pemerintah daerah harus antisipasi agar pedagang hewan kurban tidak berdagang di sembarang tempat.

“Sebab, karena kotoran hewan kurban bisa mengganggu masyarakat sekitar, selain itu kota pun menjadi terkesan kumuh,” katanya.

Baca juga :

Ditambahkan LaNyalla, pengaturan lokasi berdagang itu harus disertai dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat. Pedagang harus diingatkan untuk tidak mengundang kerumunan pada saat masyarakat membeli hewan kurban.

“Harus dibuat peraturan dan harus segera disosialisasikan agar cepat dipahami oleh masyarakat, baik penjual maupun pembeli,” katanya.

Senator asal Jawa Timur ini juga mengingatkan agar kesehatan hewan kurban terus dipantau. Kepada Pemda dan Pemkot/Pemkab sangat perlu memeriksa kesehatan hewan-hewan kurban tersebut.

“Harus dipastikan hewan-hewan itu sehat, layak untuk dijadikan kurban serta aman untuk dikonsumsi,” jelasnya.

LaNyalla berharap, Hari Raya yang dilangsungkan dalam keadaan pandemi COVID-19 tetap berlangsung khidmat.

“Mudah-mudahan pandemi tidak mengurangi kekhidmatan kita dalam merayakannya, serta dapat meningkatkan keimanan, selain itu kita juga mengharapkan semoga pandemi segera berlalu,” katanya. (Bag)