Misi Ganda Beraroma ‘Settingan’

Spread the love
Republik Ceko.

JakCityNews (Eropa) – Misi ganda beraroma ‘settingan’ bisa saja mewarnai laga pamungkas Grup D Piala Eropa 2020, antara Republik Ceko melawan Inggris di Stadion Wembley, London, Rabu (23/6/21), 02:00 WIB. Karena kedua tim dihadapkan pada dua pilihan dalam menentukan status mereka di babak 16 besar.

Pertama, kedua tim akan sama-sama berusaha menghindari posisi juara Grup D, guna menghindari pertemuan dengan runner-up Grup F yang bisa dihuni Prancis, Jerman, atau Portugal. Saat ini kedua tim sama-sama mengoleksi empat poin. Namun Ceko lebih unggul produktivitas dari Inggris yang berada di posisi kedua. Meski demikian, Ceko masih bisa lengser ke posisi kedua jika mereka kalah dari Inggris dengan selisih tidak boleh lebih dari dua gol.

Dengan syarat Skotlandia kalahkan Kroasia dengan selisih tidak boleh lebih dari dua gol pada saat yang sama di Glasgow. Sebaliknya, tugas Inggris untuk menghindari posisi juara grup, sedikit lebih mudah. Karena pasukan Gareth Southgate hanya butuh hasil imbang. Mereka bahkan tetap lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up jika kalah dari Ceko dengan selisih tidak boleh lebih dari satu gol. Dengan syarat Kroasia kalahkan Skotlandia dengan selisih tidak lebih dari satu gol.

Lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up di Grup D, memang terkesan tidak memuaskan bagi para fans, tetapi juga tidak bisa dipungkiri jika hal itu akan sedikit meringankan beban kedua tim di babak 16 besar. Pasalnya, runner-up Grup D akan dipertemukan dengan runner-up Grup E yang kemungkinan bisa dihuni Swedia, Slowakia, Spanyol, atau Polandia. Southgate sendiri menolak timnya akan ‘mengalah’ dari Ceko, meskipun ia juga tidak menampik kemungkinan hasil imbang.

Baca juga :

Menurutnya, hasil imbang di tiga laga pembuka fase grup pernah dialami Portugal pada Piala Eropa 2016 lalu. Tetapi pada akhirnya Portugal sukses menjadi jawara.

“Mereka (Portugal) telah menunjukkan bahwa tidak selamanya hasil imbang adalah hal yang buruk. Terkadang hasil itu dibutuhkan untuk mempersiapkan laga yang lebih berat selanjutnya. Jadi kami harus tetap termotivasi, bahagia, dan menikmati sepak bola kami,” ungkapnya dikutip Gulf News.

Di sisi lain, pelatih Ceko, Jaroslav Silhavy justru mengisyaratkan anak-anak asuhnya untuk tidak terlalu banyak menguras tenaga dan bermain lepas, seraya menghindari cedera. Namun ia juga mengingatkan anak-anak asuhnya untuk mewaspadai pergerakan Harry Kane yang sewaktu-waktu bisa merusak misi ganda Ceko pada laga ini. Pada pertemuan terakhir bulan Oktober 2019 lalu, Ceko berhasil mengalahkan Inggris dengan skor tipis 2-1. (nuj)

Republik Ceko vs Inggris; Rabu (23/6/21), 02:00 WIB; Stadion Wembley

REKOR PERTEMUAN :

12/10/19, Ceko v Inggris 2-1

23/03/19, Inggris v Ceko 5-0

21/08/08, Inggris v Ceko 2-2

18/11/98, Inggris v Ceko 2-0

PRAKIRAAN PEMAIN :

Ceko (4-2-3-1): Vaclik (g); Coufal, Kalas, Celustka, Boril; Soucek, Kral; Masopust, Darida, Jankto; Schick. Inggris (4-2-3-1): Pickford (g); Walker, Stones, Maguire, Shaw; Rice, Phillips; Sancho, Mount, Grealish; Kane.