Wajib Menang Atau Tersingkir

Spread the love

JakCityNews (Eropa) – Penentuan siapa yang akan lolosĀ  ke babak 16 besar di Grup E, bakal ditentukan pada laga pamungkas yang digelar, Rabu (23/6/21), 23:00 WIB. Slowakia bakal satroni Spanyol di Stadion Olimpico Sevilla, sementara Swedia ditantang Polandia di Saint-Petersburg.

Dari keempat tim di Grup E, hanya Swedia yang sudah dipastikan lolos ke  babak 16 besar, jika melihat pada perolehan poin dalam daftar tim peringkat tiga terbaik. Pasalnya, Swedia sudah mengoleksi empat poin. Dari empat tim peringkat tiga yang sudah merampungkan laga pamungkas di fase grup, baru Republik Ceko dan Swiss yang meraih empat poin. Demi mendampingi Swedia di babak 16 besar, Slowakia dan Spanyol pun dipastikan bakal ‘saling bunuh’ di Sevillla.

Slowakia yang mengoleksi tiga poin di posisi kedua, tidak memiliki beban yang begitu berat untuk menghadapi Spanyol pada laga nanti. Maklum, hasil imbang saja sudah cukup bagi tim besutan Stefan Tarkovic itu untuk melangkah ke babak 16 besar. Namun beban berat akan dipukul tim Matador di depan pendukung sendiri setelah baru mengoleksi dua poin. Spanyol sebenarnya bisa saja tetap melangkah ke babak 16 besar jika bermain imbang dengan Slowakia pada laga nanti.

Dengan syarat, Polandia kalah dari Swedia pada laga lainnya. Namun akan sangat beresiko jika mengharapkan hal itu. Oleh karena itu, pasukan Luis Enrique dituntut harus bisa mengalahkan Slowakia, apa pun yang terjadi. Enrique bahkan masih punya keyakinan timnya dapat meraih kemenangan di tengah mandulnya para ‘predator’ gol tim Matador saat ini. Hal itu terlihat dari dua laga yang sudah mereka lakoni.

Baca juga :

Setelah bermain imbang tanpa gol melawan Swedia di laga pembuka, Matador harus puas bermain 1-1 kontra Polandia. “Saya selalu punya keyakinan untuk menang dan lolos ke fase selanjutnya. Saya yakin tim ini bisa mengalahkan Slowakia, sama seperti keyakinan yang saya miliki di dua laga awal. Hanya saja itu bukan hal yang baik untuk dijadikan acuan. Tetapi saya selalu punya keyakinan,” kata Enrique, dikutip AP.

Enrique sendiri sudah bisa memainkan sang kapten, Sergio Busquet sejak awal laga di Sevilla. Sementara itu Tarkovic mengatakan bahwa timnya tidak akan pernah gentar melawan Spanyol. Meski demikian, ia juga tidak menampik bakal bermain aman pada laga nanti demi menjaga kans lolos ke babak 16 besar. Maklum, Polandia yang menjadi juru kunci dengan satu angka, sewaktu-waktu bisa merusak rencana Slowakia dan Inggris untuk melangkah ke babak 16 besar. (nuj)

Slowakia vs Spanyol; Rabu (23/6/21), 23:00 WIB; Stadion Olimpico Sevilla

REKOR PERTEMUAN :

06/09/15, Spanyol v Slowakia 2-0

10/10/14, Slowakia v Spanyol 2-1

17/11/05, Slowakia v Spanyol 1-1

13/11/05, Spanyol v Slowakia 5-1

PRAKIRAAN PEMAIN :

Slowakia (4-2-3-1): Dubravka (g); Pekarik, Skriniar, Satka, Hubocan; Kucka, Hromada; Haraslin, Hamsik, Mak; Duda.

Spanyol (4-3-3): Simon (g); Llorente, P.Torres, Laporte, Alba; Busquets, Koke, Pedri; Moreno, Morata, Olmo.