Ketika Portugal Dalam Tekanan

Spread the love
Portugal dan Prancis.

JakCityNews (Eropa) – Lima tahun pasca bentrok di partai final, Portugal dan Prancis kembali bertemu dalam situasi berbeda di Stadion Puskas Arena, Kamis (24/6/21), 02:00 WIB. Sebagai juara bertahan, Portugal harus berjuang lebih keras untuk memastikan tempat di babak 16 besar Piala Eropa edisi kali ini.

Berkaca dari pertemuan kedua tim pada partai final Piala Eropa 2016 lalu, Portugal sejatinya punya kualitas yang empuni untuk bisa mengalahkan Prancis. Hanya saja, situasi saat ini berbeda. Saat ini Prancis memimpin Grup F dengan empat poin dan sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar karena unggul perolehan poin di antara para tim peringkat ketiga. Sebaliknya, Portugal dengan tiga poin, harus berjuang keras untuk menghindari kekalahan telak.

Kekalahan telak bisa saja dialami Cristiano Ronaldo dan kolega seperti pada laga terakhir melawan Jerman (2-4). Apalagi Prancis dipastikan tampil tanpa beban dan memungkinkan mereka untuk mengerahkan kekuatan penuh setalah bermain 1-1 kontra Hongaria pada laga terakhir. Selain itu, pelatih Didier Deschamps sudah mengantongi siasat untuk mengatasi perlawanan Portugal yang ia yakini masih berpusat pada sosok Ronaldo.

Baca juga :

“Kami semua tahu bahwa tim Portugal ini sangat bergantung pada gol-gol Cristiano Ronaldo. Dia sangat menentukan dalam dua pertandingan pertama. Dia telah mencetak tiga gol dan dua assist untuk Portugal dan kami perlu mencoba membatasi pengaruhnya serta menghentikan pergerakannya. Saya kira jika itu bisa kami lakukan, semuanya akan berjalan sesuai rencana,” kata Deschamps seperti dilansir laman resmi UEFA, jelang pertandingan.

Sementara itu, Fernando Santos fokus mempermak kelemahan Portugal ketika kalah 2-4 dari Jerman guna mengatasi Prancis. Menurutnya, Portugal masih punya kelemahan di lini tengah yang sudah ia permak untuk melawan Prancis. ” Ini akan menentukan posisi semua tim di Grup ini. Lolos atau tidaknya kami, semua itu akan tergantung dari situasi di lapangan dan kami harus selalu siap meresponsnya saat melawan Prancis,” beber Santos  ujar Santos.

Portugal sendiri tidak pernah gagal lolos dari babak penyisihan grup dalam tujuh penampilan terakhir mereka di Piala Eropa. Namun nasib mereka kali ini ada di tangan mereka sendiri untuk menghadapi Prancis, salah satu tim yang paling tidak disukai Ronaldo, terlepas dari final Piala Eropa 2016. Pada partai lainnya, Jerman di posisi kedua dengan tiga poin akan menghadapi juru kunci satu angka, Hongaria di Stadion Allianz Arena. (nuj)

Portugal vs Prancis;  Kamis (24/6/21), 02:00 WIB; Stadion Puskas Arena

REKOR PERTEMUAN :

15/11/20, Portugal v Prancis 0-1

12/10/20, Prancis v Portugal 0-0

11/07/16, Portugal v Prancis 1-0

05/09/15, Portugal v Prancis 0-1

PRAKIRAAN PEMAIN :

Portugal (4-3-3): Patricio (g); Semedo, Dias, Pepe, Guerreiro; Pereira, Sanches, Fernandes; B.Silva, Ronaldo, Jota.

Prancis (4-3-3): Lloris (g); Kounde, Varane, Kimpembe, Hernandez; Kante, Pogba, Tolisso; Griezmann; Mbappe, Benzema.