Tugas Berat Naga Merah di Johan Cruijff Arena

Spread the love
Wales

JakCityNews (Eropa) – Persaingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 bakal diawali dengan bentrokan kedua tim ‘kuda hitam’, yakni Wales dan Denmark di Stadion Johan Cruijff Arena, Sabtu (26/6/21), 22:00 WIB. Tanpa dukungan suporter, Naga Merah, julukan Wales, bakal diuji dalam usaha memadamkan ‘ledakan’ tim Dinamit, julukan Denmark di Amsterdam.

Amsterdam sendiri bukan kota yang bersahabat bagi Wales. Mereka selalu menelan kekalahan  dalam dua lawatan terakhir di Amsterdam, melawan Belanda yakni pada 1998 dan 2014. Situasi itu semakin diperparah setelah Gareth Bale dan kolega dipastikan tampil tanpa dukungan para suporter setelah pihak pemerintah setempat melarang seluruh warganya untuk berpergian akibat lonjakan kasus Covid-19 di dalam negeri, akhir-akhir ini.

Situasi itu kian menambah berat tugas pasukan Robert Page dalam usaha memadamkan ‘ledakkan’ yang kemungkinan kembali dibuat tim Dinamit di Denmark di Amsterdam. Hal itu diakui Page, jelang laga.

“Kami punya pekerjaan yang sangat berat dan kami harus pergi dan menyelesaikannya dengan cara kami sendiri. Kami tahu mereka (Denmark) akan memiliki banyak dukungan di sana, tapi sepakbola adalah 11 lawan 11,” kata Page, dikutip laman resmi UEFA.

Sementara itu, pelatih Denmark, Kasper Hjulmand berharap ‘tuah’ Amsterdam dapat memberikan semangat berlipat bagi anak-anak asuhnya. Apalagi sejumlah pemain Denmark, punya hubungan istimewa dengan klub asal kota Amsterdam, Ajax. Pemain seperti Christian Eriksen, Kasper Dolberg, dan Nicolai Boilesen adalah para pemain binaan Ajax. Kali ini mereka kembali ke Johan Cruijff Arena, stadion milik Ajax.

Baca juga :

“Jika ada klub di luar Denmark yang berarti bagi sepakbola negeri kami adalah Ajax. Ada garis merah yang tegas antara Amsterdam, Belanda dan Denmark. Sekarang sebagian para pemain kami akan kembali bermain di sana dengan semangat berlipat untuk memberikan segalanya melawan Wales. Sekarang kami akan bermain, tanpa ada lagi rasa trauma setelah insiden Eriksen pada laga perdana,” ungkap Hjulmand, dikutip laman resmi UEFA.

Denmark dipastikan kembali tampil tanpa Eriksen yang masih harus menjalani pemulihan. Sedangkan Wales dipastikan tanpa Ethan Ampadu akibat akumulasi kartu merah saat melawan Italia.  Dari 10 pertemuan terakhir kedua tim, Denmark lebih mendominasi dengan enam kali menang dan empat kali kalah. Namun dalam pertemuan di ajang UEFA Nations League 2018/19, Wales selalu berhasil mengalahkan Denmark. (nuj)

Wales vs Denmark; Sabtu (26/6/21), 23:00 WIB; Johan Cruijff Arena

REKOR PERTEMUAN:

17/11/18, Wales vs Denmark 1-2

09/09/18, Denmark vs Wales 2-0

20/11/08, Denmark vs Wales 0-1

10/06/99, Wales vs Denmark 0-2

PRAKIRAAN PEMAIN :

Wales (4-5-1) : Ward (g); Roberts, Mepham, Rodon, Davies; James, Ramsey, Allen, Morrell, Bale; Moore.

Denmark (3-4-3) : Schmeichel (g); Christensen, Kjaer, Vestergaard; Wass, Hojbjerg, Delaney, Maehle; Braithwaite, Damsgaard; Poulsen.