Prancis Timpang, Swiss Siap Tempur

Spread the love
Timnas Prancis.

JakCityNews (Eropa) –  Babak 15 besar Piala Eropa bakal mempertemukan Prancis dan Swiss dengan kondisi berbeda di Arena Nationala, Bukarest, Rumania, Selasa (29/6/21), 02:00 WIB. Prancis yang datang dengan kondisi timpang, bakal berusaha meredam perlawanan Swiss dalam kondisi siap tempur.

Dilansir Sportsmole, para pemain Prancis kini menumpuk di ruang perawatan setelah perjuangan di fase ‘grup neraka’ yang melelahkan. Nama-nama seperti Ousmane Dembele, Lucas Digne, Marcus Thuram, dan Jules Kounde dipastikan absen di babak 16 besar.

“Kekhawatiran yang lebih besar adalah Digne. Dia mengalami cedera otot di belakang paha. Akan sulit baginya untuk bermain lagi di turnamen ini,” kata pelatih Prancis, Didier Deschamps, jelang laga.

Di sisi lain, Deschamps masih mengharapkan Lucas Hernandez bisa pulih sebelum bentrok dengan Swiss pada laga nanti. Jika tidak, maka ada kemungkinan Deschamps bakal memainkan gaya permainan yang tidak biasa bagi tim Ayam Jantan, julukan Prancis.

Saat ini ia sedang mempertimbangkan untuk menerapkan tiga bek di lini belakang. Kondisi timpang di lini belakang Prancis, bisa membuka celah bagi Swiss untuk tampil mengejutkan pada laga nanti.

Apalagi pasukan Vladimir Petkovic tengah berada dalam kondisi siap tempur. Selain itu, mereka tidak memiliki hambatan apa pun untuk menurunkan kekuatan terbaik setelah lolos ke babak 16 besar sebagai satu dari empat tim peringkat tiga terbaik. Ditambah lagi dengan ambisi pribadi yang akan diusung Xherdan Shaqiri saat menghadapi juara Grup F tersebut. Shaqiri berpeluang untuk membuat sejarah bagi Timnas Swiss di Piala Eropa.

Saat ini, Shaqiri menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi Timnas Swiss di dua turnamen, yakni Piala Eropa dan Piala Dunia. Namun ia hanya butuh satu gol lagi ke gawang Prancis untuk melampaui torehan Hakan.  Yakin untuk mencetak tiga gol bagi Swiss di Piala Eropa. Saat ini ia sudah mengoleksi dua gol yang ia cetak ke gawang Turki pada fase grup.

“Tetapi yang terpenting dari semua itu adalah kemenangan tim,” tegas Shaqiri.

Namun untuk bisa mengalahkan Prancis bukan hal yang mudah bagi Shaqiri dan kolega. Apalagi Prancis tidak memiliki masalah di lini depan. Mereka dipastikan masih akan diperkuat trisula maut, sekelas Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, dan Karim Benzema di lini depan. Sedangkan di posisi tebgah, masih ada pemain serba bisa, seperti Paul Pogba dan gelandang ‘pengangkut air’, N’Golo Kante. (nuj)

Prancis vs Swiss; Selasa (29/6/21), 02:00 WIB; Arena Nationala

REKOR PERTEMUAN :

20/06/16, Swiss v Prancis 0-0

21/06/14, Swiss v Prancis 2-5

13/06/06, Prancis v Swiss 0-0

09/10/05, Swiss v Prancis 1-1

PRAKIRAAN PEMAIN :

Prancis (3-4-1-2) : Lloris (g); Varane, Lenglet, Kimpembe; Pavard, Kante, Pogba, Hernandez; Griezmann; Mbappe, Benzema.

Swiss (3-5-2) : Sommer (g); Elvedi, Akanji, Rodriguez; Widmer, Xhaka, Freuler, Zuber; Shaqiri; Embolo, Seferovic.