Ketika Memori 1996 Mencuat ke Permukaan

Spread the love
Timnas ‘Panser’ Jerman.

JakCityNews (Eropa) – Tim ‘Tiga Singa’ Inggris tidak hanya akan berhadapan dengan tim ‘Panser’ Jerman pada babak 16 besar Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, Selasa (29/6/21), 23:00 WIB. Pasukan Gareth Southgate itu juga harus berhadapan dengan memori kelam 1996 serta cerita ‘happy ending’ Jerman setiap kali berlaga di Wembley.

Pertemuan dengan Jerman sejatinya di luar jangkauan pasukan Southgate. Jauh-jauh hari mereka bahkan sudah berusaha menghindari pertemuan dengan wakil dari Grup F. Hal itu terlihat pada hasil laga kedua saat bermain imbang tanpa gol kontra Skotlandia, usai menang 1-0 atas Kroasia pada laga perdana. Inggris yang kemudian berharap bisa bermain imbang kontra Republik Ceko di laga terakhir, nyatanya menang 1-0 dan lolos sebagai juara Grup D.

Namun takdir berkata lain. Inggris akhirnya harus bertemu Jerman yang lolos sebagai runner-up Grup F. Pertemuan kedua tim di Wembley, sontak membuat memori kelam 1996 yang pernah dialami Southgate, mencuat ke permukaan. Di tempat yang sama, Inggris yang bertemu Jerman pada babak semifinal Piala Eropa, harus tersingkir. Southgate yang saat itu menjadi algojo terakhir dalam drama adu penalti, gagal menjebol gawang Jerman.

Kini, memori kelam 1996 itu bisa menghantui Southgate atau justru memberikan motivasi lebih bagi anak-anak asuhnya dan mengubah sejarah.

Baca juga :

“Saya pikir setiap Anda berkostum Inggris, Anda memiliki kesempatan untuk mengukir sejarah yang akan dikenang selamanya dan untuk menciptakan sedikit keterampilan atau menghidupkan kembali memori di dalam pertandingan. Itulah indahnya bermain untuk negara Anda,” katanya, dikutip Evening-Standard.

Pun, Southgate juga meminta Harry Kane dan kolega tetap mewaspadai Jerman yang dikenal sebagai tim ‘spesialis turnamen’. Tercatat, Jerman selalu berhasil melaju hingga fase semi final di ajang Piala Eropa dalam tiga edisi secara beruntun sejak diasuh Joachim Loew pada 2006 silam. Selain itu, Jerman tidak pernah kalah di Stadion Wembley sejak takluk 2-4 dari Inggris pada partai final Piala Dunia 1966 silam.

Maka, tidaklah berlebihan jika pasukan Loew cukup percaya diri menyatroni Inggris di Wembley. Namun dukungan lebih dari tuan rumah, tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Apalagi Piala Eropa tahun ini menjadi kesempatan bagi Tiga Singa untuk meraih trofi di depan publik sendiri. Jika lolos ke babak perempat final, pemenang pada laga ini akan bertemu pemenang antara Swedia dan Ukraina pada babak 16 besar lainnya di Hampden Park, Rabu (30/6/21), 02:09 WIB. (nuj)

Inggris vs Jerman; Selasa (29/6/21), 23:00 WIB; Stadion Wembley

REKOR PERTEMUAN :

11/11/17, Inggris v Jerman 0-0

23/03/17, Jerman v Inggris 1-0

27/03/16, Jerman v Inggris 2-3

20/11/13, Inggris v Jerman 0-1

PRAKIRAAN PEMAIN :

Inggris (4-2-3-1) : Pickford (g); Walker, Stones, Maguire, Shaw; Rice, Phillips; Foden, Grealish, Sterling; Kane.

Jerman (3-4-3) : Neuer (g); Ginter, Hummels, Rudiger; Kimmich, Kroos, Goretzka, Gosens; Havertz, Muller; Gnabry.