Memori 1996 Memotivasi Tiga Singa, ‘Pulangkan’ Jerman 2-0

Spread the love
Tim ‘Tiga Singa’ Inggris.

JakCityNews (Eropa) – Tim ‘Tiga Singa’ Inggris berhasil membayar lunas kegagalan yang pernah dialami pelatih Gareth Southgate pada memori 1996 silam dengan memulangkan tim ‘Panser’ Jerman dari gelaran Piala Eropa 2020, Selasa (30/6/21) dini hari WIB. Bermain di Stadion Wembley pada babak 16 besar, Tiga Singa sukses menekuk Jerman 2-0 dan melaju ke perempat final untuk berhadapan dengan Ukraina.

Pada babak semi final Piala Eropa 1996, Inggris yang bertemu Jerman di tempat yang sama, harus angkat koper setelah kalah dalam adu penalti. Saat itu, Southgate yang menjadi algojo terakhir Inggris, gagal menjebol gawang Jerman. Kali ini, kegagalan itu di bayar lunas oleh Harry Kane dan kolega dengan memulangkan tim Panser. Selain itu, Inggris juga belum pernah menang atas Jerman di fase gugur, sejak partai final Piala Dunia 1966 di Wembley.

Tidak heran jika sukses Tiga Singa kali ini, disambut Southgate dengan luapan emosional.

“Ini hasil yang luar biasa. Inggris tidak pernah mengalahkan Jerman dalam pertandingan babak gugur sejak final Piala Dunia 1966 di sini. Saya pernah berada dalam situasi yang sama di sini dengan kapasitas penuh. Tetapi rasanya saya tidak mendapat atmosfer yang begitu besar seperti hari ini,” kata Southgate, seperti dikutip laman resmi UEFA, usai pertandingan.

Southgate tidak menampik bahwa dukungan para suporter di Wembley menjadi salah satu kunci keberhasilan Tiga Singa meredam perlawanan tim Panser sepanjang laga.

Baca juga :

“Mereka (suporter) berada di belakang para pemain untuk setiap usaha perebutan bola, mengawal lawan dan di setiap pergerakan pemain. Bisa memberikan kenikmatan yang kami berikan hari ini dihadapan jutaan orang yang mengetahuinya, sangatlah luar biasa,” lanjut Southgate.

Butuh waktu lebih dari satu jam bagi Inggris untuk memecah kebuntuan di Wembley. Adalah Raheem Sterling yang sukses membuka keunggulan Inggris lewat golnya di menit ke-75. Kane akhirnya berhasil menggenapi kemenangan 2-0 Tiga Singa, lewat golnya pada menit ke-87. Kemenangan ini sekaligus membawa Kane dan kolega melaju ke babak perempat final, meladeni Ukraina di Stadion Olimpico Roma, Minggu (5/7/21), 02:00 WIB.

Bagi Jerman, kegagalan menembus babak perempat final, menjadi akhir dari perjalanan Joachim Loew setelah 15 tahun melatih tim Panser. Salam perpisahan Loew mengiringi kepulangan tim Panser yang menyerahkan tongkat estafet kepelatihan kepada Hans-Dieter Flick. Pada babak 16 besar lainnya di Hampden Park, Glasgow, Ukraina sukses mendepak Swedia 2-1, berkat gol Artem Dovbyk di penghujung babak perpanjangan waktu, usai 1-1 selama 90 menit laga. (nuj)