La Nati Tanpa Xhaka, Matador Siap Gedor

Spread the love
Timnas Swiss.

JakCityNews (Eropa) –  La Nati, julukan Timnas Swiss, dipastikan bakal tampil lebih percaya diri setelah sukses mendepak jawara Piala Dunia 2018, Prancis. Di sisi lain, Spanyol dipastikan siap gedor, seraya mewaspadai lawan jika tidak ingin pulang di babak perempat final.

Gambaran itu bakal dipastikan tersaji saat kedua tim bentrok di Stadion Saint-Petersburg, Jumat (2/7/21), 23:00 WIB. Swiss yang sukses memulangkan Prancis dalam drama adu penalti (5-4) usai bermain 3-3 selama 120 menit laga di babak 16 besar, kini semakin lebih percaya diri untuk meneruskan sukses tesebut pada laga nanti. Pelatih Vladimir Petkovic bahkan sudah punya siasat untuk memenuhi harapan lolos ke fase semi final, seraya mengukir sejarah.

“Kami ingin terus melaju, namun tetap harus menghormati lawan,” kata Petkovic yang harus kehilangan Granit Xhaka akibat akumulasi kartu.

“Tapi semua orang di skuat akan mendukung dan membantu tim. Saat Anda menghadapi Spanyol, Anda harus memberikan lebih banyak hal lagi kepada tim. Bukan hanya untuk menggantikan peran Xhaka saja, tapi berjuang untuk mengalahkan Spanyol,” lanjutnya, dikutip laman resmi UEFA.

Baca juga :

Berkaca dari penampilan mereka saat melawan Prancis di babak 16 besar, pasukan Petkovic memang punya kemampuan menghadapi tim Matador, julukan Spanyol pada laga nanti. Hanya saja, kali ini Swiss tampil tanpa gelandang ‘pengangkut air’,  Xhaka. Hal ini tentunya memberikan celah bagi Spanyol yang selalu tampil dominan dalam penguasaan bola. Namun pelatih Spanyol, Luis Enrique menilai jika Swiss tetap berbahaya, meski tanpa Xhaka.

“Menurut saya Xhaka pemain internasional terbaik di Swiss saat ini dan saya akan lebih suka kalau dia ada di lapangan. Saya yakin siapapun pengganti Xhaka pasti sama bagusnya atau justru lebih bagus dari dia. Swiss akan tetap jadi Swiss tanpa kehadiran Xhaka,” kata Enrique yang juga mengaku belum punya formula khusus untuk mensiasati perlawanan Swiss tanpa kehadiran Xhaka pada laga nanti, seperti dilansir laman resmi UEFA.

Menurutnya, tim yang siap mengatasi berbagai kemungkinan pada laga nanti, bakal memenangi pertandingan. Jika merujuk pada empat pertemuan terakhir kedua tim, laga nanti diprediksi bakal berjalan ketat. Apalagi kedua tim sama-sama punya misi tinggi. Spanyol berharap bisa menjadi kolektor terbanyak trofi Piala Eropa setelah tiga kali juara, bersama Jerman. Sedangkan Swiss ingin mengukir sejarah lolos ke semi final Piala Eropa untuk pertama kalinya. (nuj)

Swiss vs Spanyol; Jumat (2/7/21), 23:00 WIB; Stadion Saint – Petersburg

REKOR PERTEMUAN:

15/11/20, Swiss vs Spanyol 1-1

11/10/20, Spanyol vs Swiss 1-0

04/06/18, Spanyol vs Swiss 1-1

16/06/10, Spanyol vs Swiss 0-1

PRAKIRAAN PEMAIN :

Swiss (3-4-1-2) : Sommer (g); Elvedi, Akanji, Rodriguez; Widmer, Freuler, Zakaria, Zuber; Shaqiri; Embolo, Seferovic.

Spanyol (4-3-3) : Simon (g); Azpilicueta, Garcia, Laporte, Alba; Koke, Busquets, Pedri; Sarabia, Morata, F Torres.