Ujian Ukraina Patahkan ‘Taring’ Tiga Singa

Spread the love
Pemain Ukraina.

JakCityNews (Eropa) – Ujian berat bakal dipukul Timnas Ukraina untuk mematahkan taring ‘Tiga Singa’ Inggris saat bentrok di Stadion Olimpico Roma, Italia. Keberadaan Andriy Sevchenko jadi salah satu faktor yang harus diwaspadai pasukan Gareth  Southgate  pada laga Minggu (4/7/21) dini hari WIB.

Menghadapi Ukraina, Tiga Singa jelas bakal lebih jumawa setelah tampil mengesankan saat menekuk Jerman 2-0 di babak 16 besar. Apalagi pasukan Southgate datang, tanpa masalah cedera pemain yang memungkinkan mereka bisa tampil dengan kekuatan penuh. Sebaliknya, Ukraina yang harus berterima kasih dengan Spanyol untuk bisa lolos ke babak 16 besar, tampil kurang meyakinkan sejak fase grup.

Ya, pasukan Sevchenko yang hanya bermodalkan kemenangan 2-1 atas Makedonia Utara, lolos ke babak 16 besar, lewat jalur empat tim peringkat tiga terbaik. Itu semua juga berkat sukses Spanyol membantai Slovakia 5-0 di fase grup lainnya.

“Kami tidak peduli bagaimana kami melaju hingga ke fase ini. Kami mungkin dinaungi keberuntungan, tapi kemenangan kami atas Swedia, bukanlah keberuntungan,” tepis Sevchenko, dikutip The Independent.

Baca juga :

Ukraina setidaknya bisa menepis keraguan publik di babak 16 besar setelah membutuhkan perpanjangan waktu 2×15 menit untuk mendepak Swedia 2-1. Namun hal itu masih belum cukup bagi Sevchenko. Ia bahkan bertekad untuk mematahkan ‘taring’ Taring Tiga Singa, seraya mengukir sejarah membawa Ukraina lolos ke semifinal Piala Eropa untuk pertama kalinya.

“Fokus kami saat ini, hanya Inggris dan membuat sejarah,” tegasnya.

Sebagai mantan pemain yang punya kedekatan dengan sepak bola Italia, mantan bomber AC Milan itu pun berharap publik negeri Pizza bisa memberikan dukungan kepada tim asuhannya. Di sisi lain, di luar kesuksesan memulangkan Jerman, Tiga Singa juga ingin membuktikan bahwa mereka bukanlah tim ‘jago kandang’. Apalagi pelatih Gareth Southgate kini punya banyak pilihan untuk menerapkan skema permainan, sesuai kebutuhan tim di lapangan.

Namun kemungkinan besar Southgate masih akan menerapkan skema permainan dengan pola tiga bek, seperti yang diperlihatkan Harry Kane dan kolega saat memulangkan Jerman. Dalam empat pertemuan terakhir, kedua tim saling berbagi satu kemenangan dan sisanya imbang. Tim yang memenangkan partai ini, nantinya akan bertemu dengan pemenang antara Republik Ceko dan Denmark pada laga sebelumnya yang digelar di Stadion Olimpiya Baki. (nuj)

Ukraina vs Inggris; Minggu  (4/7/2021), 02:00 WIB; Stadion Olimpico Roma

REKOR PERTEMUAN :

11/09/13, Ukraina vs Inggris 0-0

12/09/12, Inggris vs Ukraina 1-1

20/06/12, Inggris vs Ukraina 1-0

10/10/09, Ukraina vs Inggris 1-0

PRAKIRAAN PRMAIN :

Ukraina (3-4–2) : Bushchan (g); Zabarnyi, Kryvtsov, Matvienko; Karavaev, Sydorchuk, Shaparenko, Stepanenko, Zinchenko; Yarmolenko, Yaremchuk

Inggris (3-4-3) : Pickford (g); Walker, Stones, Maguire; Trippier, Rice, Henderson, Shaw; Mount, Kane, Sterling.