Bunuh Ukraina 4-0, Tiga Singa Siap Ukir Sejarah

Spread the love
Pelatih ‘Tiga Singa’ Inggris, Gareth Southgate.

JakCityNews (Eropa) – Pelatih ‘Tiga Singa’ Inggris, Gareth Southgate mengaku ia dan tim asuhannya siap mengukir sejarah setelah lolos ke babak semi final Piala Eropa 2020. Kesiapan itu digaungkan Southgate setelah sukses mengusir Ukraina 4-0 pada babak perempat final  di Stadion Olimpico Roma, Minggu (4/7/21) dini hari WIB.

Tiga Singa melaju ke semi final dengan sensasional. Pasukan Southgate bahkan menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan di Piala Eropa 2020 hingga saat ini. Inggris juga belum terkalahkan dari lima laga yang sudah mereka lakoni. Satu-satunya hasil minor diraih Harry Kane dan kolega saat bermain imbang tanpa gol kontra Skotlandia pada babak penyisihan grup. Terakhir, Tiga Singa juga mulai menunjukkan taring mereka saat melumat Ukraina 4-0.

Tidaklah heran jika Tiga Singa punya kesiapan mengukir sejarah, lolos ke partai final Piala Eropa untuk pertama kalinya.

“Kami punya kans yang luar biasa untuk lolos ke final. Ini adalah kesempatan untuk mengukir sejarah, kami belum pernah ke final Piala Eropa. Ini bukan tekanan, tapi tantangan bagi tim ini untuk melakukannya. saat ini mereka menghadapi tantangan tersebut,” kata Southgate, dikutip laman resmi UEFA.

Ia pun melihat Denmark sebagai tantangan yang tidak mudah. Sebelum bisa mengukir sejarah, lolos ke final Piala Eropa 2020, Inggris bakal lebih dulu berhadapan dengan Denmark di fase semi final yang digelar di Stadion Wembley, Kamis (8/7/21), 02:00 WIB mendatang.

“Saya tahu betapa bagusnya mereka (Timnas Denmark) sebelumnya dan mereka telah membuktikannya lagi di turnamen ini. Ini akan menjadi laga yang fantastis,” aku Southgate.

Baca juga :

Southgate sendiri ogah meremehkan Denmark yang pernah mengalahkan Inggris di Wembley pada ajang UEFA National League pada 5 Oktober 2020 lalu. Saat itu Inggris takluk dari Denmark dengan skor 0-1.

“Inilah tantangannya buat kami sekarang. Kami memiliki dua pertandingan dengan Denmark di musim gugur dan kami harus menelan kekalahan di Wembley setelah bermain imbang (0-0) di Kopenhagen,” ulas Southgate yang juga memuji kembalinya ketajaman Kane.

Sebelumnya, Kane berhasil mencetak dua gol (4″ dan 50″) ke gawang Ukraina untuk melengkapi kemenangan Tiga Singa pada babak perempat final di Stadion Olimpico Roma. Sedangkan dua gol Tiga Singa lainnya lahir dari aksi Harry Maguire (46″) dan Jordan Henderson (63″). Pelatih Ukraina, Andriy Shevchenko, menilai kekalahan telak yang ditelan tim asuhannya karena buruknya antisipasi bola-bola udara. Ukraina pun harus terhenti di perempat final. (nuj)