Soal Kontroversi Penalti Inggris, Southgate ‘Menutup Mata’

Spread the love
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate ‘menutup mata’

JakCityNews (Eropa) – Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate ‘menutup mata’ terkait kontroversi penalti yang membuahkan kemenangan tim berjuluk Tiga Singa itu atas Denmark pada babak perempat final di Stadion Wembley, Kamis (8/7/21) dini hari WIB. Meski demikian, Southgate ‘berasumsi’ wasit telah melakukan tugasnya, sesuai aturan.

Kemenangan Inggris ditentukan lewat gol Harry Kane (104″), setelah tembakan penaltinya menghasilkan bola muntah yang disambar menjadi gol. Gol itu mengubah skor menjadi 2-1 untuk memastikan kemenangan Tiga Singa. Hadiah penalti itu sendiri diberikan wasit asal Belanda, Danny Makkelie setelah Raheem Sterling terjatuh di kotak penalti Denmark pada menit ke102. Para pemain Denmark sempat protes karena menilai Sterling sengaja menjatuhkan diri alias ‘diving’.

Dari tayangan VAR, sangat kecil kemungkinan Sterling dilanggar namun Makkelie tetap pada pendiriannya memberikan hadiah penalti untuk Inggris. Saat ditanya soal insiden tersebut, Southgate ‘tutup mata’.

“Saya belum melihat kejadiannya, saya tidak tahu bagaimana insiden itu terlihat. Ada VAR jadi saya berasumsi mereka memeriksanya dan wasit mematuhinya,” kata Southgate seperti dikutip laman resmi UEFA, usai pertandingan.

Baca juga :

Sebelum insiden itu terjadi, Denmark sempat memimpin lebih dulu lewat gol tendangan bebas Mikkel Damsgaard (30″). Namun pasukan Southgate berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1, berkat aksi bunuh diri Simon Kjaer (39″). Tidak heran jika Southgate sampai harus memuji performa para pemain tim Dinamit, julukan Denmark.

“Saya pikir mereka (Denmark) memiliki beberapa pemain yang luar biasa, meski mereka kehabisan tenaga pada akhirnya,” pujinya.

“Tetapi mereka (Denmark) memiliki turnamen yang luar biasa dan saya harus memberikan selamat kepada mereka. Bagi seorang pria, mereka luar biasa dan kapten Simon Kjaer telah menjadi pemain yang luar biasa. Orang yang luar biasa, lihat bagaimana melakukan tindakan cepat saat Christian Eriksen tumbang serangan jantung, dia menjadi pemimpin yang luar biasa. Tetapi dari semuanya itu, malam ini adalah malam kami,” lanjut Southgate.

Dengan kemenangan ini, Inggris akan bertemu Italia pada partai final yang berlangsung di Stadion Wembley, Senin (12/7/21), 02:00 WIB mendatang. Southgate pun langsung fokus untuk mempersiapkan timnya setelah menguras banyak tenaga untuk mendepak Denmark dan melaju ke partai final. Sebelumnya, Gli Azzurri, julukan Italia juga menguras banyak tenaga untuk memulangkan Spanyol lewat drama adu penalti 4-2 setelah bermain 1-1 selama 120 menit laga. (nuj)