Darizal Basir: TNI Harus Evaluasi Sistem Rekrutmen Prajurit

Anggota Komisi I DPR RI Darizal Basir. Foto: DPR

JakCityNews (Jakarta) — Anggota Komisi I DPR RI Darizal Basir meminta para pemimpin TNI mengevaluasi sistem rekrutmen menjadi prajurit enyusul kasus pembunuhan oleh oknum TNI kepada pemuda asal Aceh. Ia menilai tindakan hukum bagi prajurit yang melanggar hukum harus tegas dilakukan.

“Kasus ini perlu dijadikan klimaks dari kasus-kasus lain yang terjadi selama ini, yang ikut mencederai nama baik TNI. Maka, perlu pimpinan TNI melakukan evaluasi menyeluruh mulai dari sistem rekrutmen, sistem pembentukan, hingga terbentuknya seseorang menjadi prajurit, ” kata Darizal Basir melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Bila sistem rekrutmen dan sistem pembentukan dilaksanakan secara benar, lanjut Darizal, tidak mungkin kasus seperti ini terjadi. “Tidak mungkin rasanya seorang prajurit menyakiti hati masyarakat, mencederai hati rakyat, sampai melukai atau terbunuhnya rakyat,” ungkap Anggota F-PD DPR ini.

Darizal berharap, anggota TNI pelaku pembunuhan harus ditindak sesuai hukum yang berlaku. “Maka proses peradilan hukum yang terjadi di militer perlu dilakukan transparansi dan dibuka kepada publik, hingga publik dapat memahami bahwa TNI telah melakukan proses hukum secara benar dan adil,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.