BK Setjen DPR Tandatangani Kerja Sama dengan UPH

Plh Kepala Pusat Analisis Anggaran dan Akuntabilitas Keuangan Negara (PA3KN) BK Setjen DPR RI, Ari Mulianta Ginting, usai menandatangani MoU dengan Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang. (Foto: Dok.DPR)

JakCityNews (Jakarta) – Badan Keahlian (BK) Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI melakukan penandatanganan kerja sama alias memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang, Senin (3/6/20924).

Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat implementasi prinsip meaningfull participation (partisipasi yang bermakna) dalam merumuskan Undang-Undang yang dirancang lembaga legislatif.

“Hingga saat ini, BK DPR telah mengadakan MoU dengan 79 Perguruan Tinggi di Indonesia. Perguruan tinggi ini diharapkan dapat membantu mengoptimalkan data yang dimiliki BK terutama juga untuk mengoptimalkan meaningful participation dimana mereka bisa menginput data yang diperlukan untuk DPR RI dalam menyusun undang-undang,” ungkap Plh Kepala Pusat Analisis Anggaran dan Akuntabilitas Keuangan Negara (PA3KN) BK Setjen DPR RI, Ari Mulianta Ginting melalui keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa(4/6/2024).

Ari mengatakan, saat ini BK DPR sedang mengembang integrasi data yang bersifat tripartit antara BK, Kementerian/Lembaga dan Perguruan Tinggi yang telah bekerja sama sehingga setiap pihak yang terlibat dapat mengakses dan memberikan masukan secara langsung dalam penyusunan undang-undang.

“BK perlu menggandeng sebanyak mungkin mitra dalam rangka membantu memberikan masukan ke terhadap berbagai isu yang berkaitan dengan fungsi DPR. Sehingga mereka dapat mengakses langsung dari sumber primer, tidak lain dari mana-mana, sehingga sumbernya valid, sah, dan langsung secara langsung dapat memberikan masukkan, ” katanya.

Dalam kesempatan ini, Jonathan L. Parapak selaku Rektor UPH mengucapkan terima kasih atas adanya MoU dengan BK DPR. Diharapkan dengan adanya MoU ini, UPH dapat turut serta membantu DPR dalam penyusunan peraturan perundang-undangan.

“Kami di UPH memiliki dosen-dosen yang sangat senior sehingga memiliki pengalaman-pengalaman mungkin diperlukan dalam memberikan masukan. Oleh karena itu, saya menyampaikan terima kasih atas adanya MoU kerja sama ini semoga kita dapat berkontribusi bagi bangsa indonesia tercinta, ” ujarnya. (gsu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.