Indonesia-Thailand Berkepentingan Jaga Stabilitas Keamanan Kawasan

Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana bersama Ketua Thailand-Indonesia Parliamentarians Friendship Group, Rangsiman Rome, (foto : Dok. DPR)

JakCityNews (Jakarta)- Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menerima Ketua Thailand-Indonesia Parliamentarians Friendship Group, Rangsiman Rome, di ruang tamu delegasi, Nusantara III, Senayan, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Dalam pertemuan ini kedua belah pihak memiliki kesepahaman untuk menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan. Putu mengatakan, Indonesia dan Thailand punya kepentingan untuk mengawal stabilitas dan kedamaian di kawasan ASEAN.

“Indonesia dan Thailand sudah mempunya hubungan yang yang panjan, tentu harapannya ke depan semakin baik dan semakin berkembang. Berbagai isu kita angkat, bagaimana peran Thailand dalam hal ini parlemen, juga Indonesia dalam mengawal perdamaian dan keamanan di kawasan,” ujar Putu.

Politisi Fraksi Partai Demokrat ini juga berharap kepada Thailand bisa saling mendukung Indonesia di berbagai forum Internasional. “Kerjasama persahabatan antara kedua negara, dan BKSAP dalam hal ini selalu mengawal hubungan bilateral antara kedua negara. Isu utama yang kita angkat yakni kita saling mendukung dalam forum internasional, kita sama-sama di ASEAN kita sama-sama di AIPA,” kata Putu.

Dia juga menyinggung soal resolusi dalam sidang umum ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) Ke-44 yang berlangsung di Jakarta dari 5-10 Agustus 2023, telah menghasilkan beberapa resolusi serta keputusan. Salah satu resolusi yang dihasilkan adalah membentuk tim monitoring guna mencapai perdamaian terkait konflik di Myanmar. Resolusi tentang Myanmar itu dihasilkan Komite Bidang Politik AIPA.

“Membantu Myanmar dari sisi kemanusiaan dan demokratisasi di Myanmar. Thailand juga menyambut baik hal tersebut. Indonesia dan Thailand harus menjaga stabilitas di kawasan dan membangun demokrasi di Myanmar,” ujar Putu. (gsu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.