Indonesia-Rumania Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Berbasis UMKM

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel bertukar cendera mata dengan Delegasi Republik Rumania (Foto : Dok.DPR)

JakCityNews (Jakarta) – Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel didampingi oleh Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Ratih Megasari Singkarru menerima kunjungan delegasi Republik Rumania, di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Dalam pertemuan bilateral ini, Indonesia memandang Rumania sebagai pasar potensial untuk produk Indonesia, karena negara ini diberkati dengan populasi lebih dari 19 juta orang, posisinya yang strategis di dekat Laut Hitam (Marea Neagra), serta pertumbuhan ekonominya yang positif dalam beberapa tahun terakhir.

Rachmat Gobel mengungkapkan, Pelabuhan Constanta yang terletak di dekat Laut Hitam dapat menjadi pintu masuk yang strategis bagi produk-produk Indonesia. Berkaitan itu, kedua negara sepakat untuk menandatangani Nota Kesepemahaman (MoU) Kerja Sama Sister Ports antara Indonesian Port Cooperation (IPC) II dan NC MPA SA Constanta Port pada Februari 2020.

Atas dasar itu Indonesia dan Rumania akan tingkatkan kerjasama ekonomi berbasis UMKM. “Kedua negara dapat mendorong kerjasama ekonomi berbasis UMKM. Salah satu program Indonesia adalah pemberdayaan ekonomi keluarga melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) yang bertumpu pada ekonomi kreatif berbasis UMKM, diharapkan kerjasama perdagangan antara Indonesia dan Rumania dapat memperkuat juga Kerjasama ekonomi berbasis UMKM,” kata Gobel.

“Penguatan ekonomi keluarga menjadi bagian dari upaya Indonesia untuk menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem, karena berbicara tentang kemiskinan ekstrem, maka sasarannya adalah keluarga atau rumah tangga miskin, ” lanjutnya.

Indonesia dan Rumania memiliki kerja sama ekonomi yang baik, yaitu dalam bidang perdagangan, karena kedua negara menunjukkan surplus bagi Indonesia. Bagi Indonesia, Rumania merupakan pasar yang sangat potensial dan terletak pada posisi yang strategis dan hubungan perdagangan kedua negara stabil.

Di bidang penanaman modal, data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam lima tahun terakhir, dari tahun 2017 hingga tahun 2022, menunjukkan peningkatan investasi Rumania di Indonesia yang cukup signifikan. Sementara sektor jasa menjadi sektor utama yang banyak mendapatkan investasi dari Rumania, diikuti oleh investasi di bidang industri makanan, pemukiman, kawasan industri dan perkantoran.

Ada pun delegasi Republik Rumania, yang hadir pada pertemuan ini adalah Chair of the Romania – Indonesia Parliamentary Friendship Group Stefan Musoiu; Member of Romania – Indonesia Parliamentary Friendship Group Christine Thellmann; Member of the Commission for Foreign Policy Ben-Oni Ardelean; Duta Besar Rumania untuk RI, Dan Adrian Balanescu. (gsu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.