Ketua DPR Puan Maharani Pastikan Kesiapan DPR Gelar Sidang 16 Agustus

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani meninjau langsung persiapan Sidang Tahunan 16 Agustus (Foto : Dok. DPR)

Jakarta (JakCityNews) – Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani meninjau langsung persiapan Sidang Tahunan 16 Agustus. Sidang tersebut terdiri dari Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI – DPD RI, dan Sidang Paripurna DPR RI dalam Rangka Penyampaian RUU APBN TA 2025.
 
Dalam peninjauan tersebut, Puan memastikan semua perisapan sudah baik sehingga acara esok hari dapat berjalan lancar dan sukses. Seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian Sidang 16 Agustus ini akan diselenggarakan di Ruang Sidang Paripurna, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.
 
Puan meninjau lokasi Sidang Tahunan di Gedung Nusantara bersama Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dan Lodewijk Freidrich Paulus, serta Sekjen DPR RI Indra Iskandar pada Kamis (15/8/2024) siang. Terlihat pula Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Wakil Ketua MPR RI Amir Uskara.
 
“Semua persiapan sudah cukup baik dan bagus. Kita tinggal pastikan acara besok berjalan lancar dan sukses serta memberikan kesan yang baik bagi para undangan,” ujar Puan.
 
Puan terlihat mengecek dengan detail semua persiapan dari mulai dekorasi, deretan kursi, paduan suara, hingga memastikan rangkaian acara sudah dipersiapankan dengan baik. Ia tak segan turun langsung menata letak pulpen dan kertas yang akan digunakan saat acara Sidang Tahunan esok hari. 
 
Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu pun tampak memperhatikan dengan seksama ketika paduan suara tengah melakukan gladibersih. Puan terkesan dengan penampilan paduan suara yang akan membawakan lagu-lagu Nusantara, salah satunya Ampar-ampar Pisang.

“Ya paduan suaranya sudah bagus,” ujar Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini.
 
Sidang 16 Agustus akan terdiri dari tiga agenda. Pertama Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka HUT RI yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan para tamu undangan.
 
Kemudian, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di mana tahun ini DPR menjadi tuan rumah. Pada agenda Sidang Bersama DPR dan DPD esok, Puan akan menyampaikan pidato kenegaraan.
 
Lalu agenda ketiga pada rangkaian Sidang Tahunan adalah Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan terakhir DPR untuk periode 2019-2024. Di agenda ini, Presiden Jokowi akan menyerahkan Pengantar Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangannya. 
 
Sidang Tahunan 2024 akan mengangkat tema Nusantara Baru, Indonesia Maju. Untuk memperkuat tema, ornamen serta interior hingga tata lampu pada lokasi, acara akan ditampilkan lebih ekspresif dan menonjolkan dekorasi batik. (gsu)
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.