Menlu Ungkapkan, Pentingnya Peningkatan Produksi Vaksin Secara Global

Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi (antaranews.com)

JakCityNews (Jakarta )  –  Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi mengatakan,  pentingnya peningkatan produksi vaksin COVID-19 secara global dalam jangka pendek.

“Diversifikasi pembuatan vaksin ke negara-negara berkembang akan berkontribusi pada upaya peningkatan produksi vaksin global,” ujar Menlu  Retno Marsudi dalam kegiatan Global Town Hall 2021 yang diselenggarakan secara virtual di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Upaya itu, lanjut dia, membutuhkan penguatan infrastruktur, pusat penelitian, fasilitas penyimpanan, dan sumber daya manusia.

“Pembatasan ekspor bahan mentah harus diakhiri. Transfer teknologi harus difasilitasi. Banyak yang membutuhkan bantuan untuk mempercepat laju vaksinasi. Lembaga keuangan internasional dapat menyediakan pembiayaan yang sangat dibutuhkan,” kata Menlu.

Lanjut  Retno, keterlibatan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) harus diintensifkan untuk merancang strategi vaksinasi yang efektif.

Semua negara harus dapat memenuhi target vaksinasi WHO. Langkah itu, kata Menlu, membutuhkan komitmen bagi prinsip ekuitas, yakni kesempatan vaksinasi COVID-19 pada kalangan petugas kesehatan dan kaum rentan.

“Produsen vaksin juga perlu mulai mengalokasikan lebih banyak dosis untuk COVAX,” katanya.

Ia mengatakan,  kerja sama internasional dalam penelitian dan pengembangan vaksin harus diintensifkan, termasuk dengan aliansi vaksin GAVI, Coalition for Epidemic Preparedness (CEPI).

Ia mengingatkan bahwa peran dan legitimasi WHO tetap tak tergantikan dalam mengoordinasikan tindakan kesehatan global.

“Diskusi tentang perjanjian pandemi baru akan segera dimulai dan saya berharap semua negara dapat mendukung inisiatif ini,” kata Retno. (*/JCN)

Sumber : antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.