Ketua DPR Puan Dorong Regenerasi Pembatik

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat meninjau galeri batik Hadi Priyanto di Banyumas, Jawa Tengah. Foto: Dok.DPR

JakCityNews (Jakarta) – Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani bersama sejumlah Anggota DPR meninjau galeri batik Hadi Priyanto yang berdiri sejak 1957, di Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (1/2/2024). Puan menilai batik merupakan ikon Indonesia dan telah menjadi warisan budaya tak beda UNESCO.

Puan mengaku terkesan dengan Rumah Batik Hadi Priyanto yang memiliki mesin pintal untuk membuat bahan (kain) batik dengan 3.600 benang dan dikelola oleh generasi ketiga dengan 30 pegawai. Ia mendorong harus ada regenerasi para pembatik agar budaya lama Indonesia tak akan terkikis zaman.

“Perlu diperhatikan regenerasi dari para pengrajin batik agar karya budaya ini dapat terus dilestarikan, ” ujar Puan melalui Siaran Pers yang diterima pada Sabtu (4/2/2024).

Puan mengatakan keunikan batik tiap daerah perlu diangkat reputasinya secara setara, agar semuanya bisa berbarengan terkenalnya. Tak hanya dengan canting, proses pembuatan batik Hadi Priyanto juga ada yang dicetak dan digambar

“Memiliki ciri khas motif warna cerah, batik Banyumasan di galeri tersebut membutuhkan proses waktu sekitar dua minggu untuk setiap helai kainnya, ” ujar Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) itu. (gsu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.