DPR Apresiasi Kesiapan Infrastruktur Hadapi Lebaran 2024

Anggota Komisi V DPR RI Sudewo (Foto : Dok. DPR)

JakCityNews (Jakarta)-Anggota Komisi V DPR RI Sudewo memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kesiapan infrsttuktur jalan nasional yang mencapai 98 persen. Kesiapan infrastruktur tersebut diperlukan guna mendukung kelancaran arus mudik dan balik di momen Lebaran 2024.
 
Menurutnya, pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras semua kementerian/lembaga terkait serta Pemerintah Daerah dalam menjaga dan meningkatkan infrastruktur jalan.
 
“Pelayanan lebaran nanti, baik arus mudik maupun arus balik bisa berjalan secara lancar (yang ditangani) di Kementerian PUPR (khususnya di) Direktorat Jenderal Bina Marga itu mengatakan kondisi jalan nasional 98 persen kondisi mantap,” kata Sudewo
melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (30/3/2024).

Sudewo menambahkan bahwa masih ada 2 persen jalan nasional yang sedang dalam proses perbaikan agar secara keseluruhan menjadi lebih baik dan tidak mengganggu pelayanan arus mudik dan balik. Langkah-langkah perbaikan tersebut dilakukan dengan cermat dan terencana, untuk memastikan bahwa proses perbaikan tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas selama masa musim mudik.
 
“Dan 2 persennya sekarang sedang diupayakan supaya secara keseluruhan menjadi lebih bagus tidak mengganggu pelayanan,” ujar Politisi Fraksi Partai Gerindra ini.
 
Di sisi lain, ia menilai keberadaan seksi Kartasura-Klaten yang termasuk dalam ruas tol Solo-Jogja ini tak hanya memberikan alternatif transportasi yang lebih lancar, tetapi juga berperan penting dalam memperbaiki sistem drainase. 

“Hal ini merupakan langkah strategis untuk meminimalisir risiko banjir dan kemacetan lalu lintas, terutama pada musim hujan, ” ujarnya.

Sudewo mengatakan Komisi V DPR berkomitmen untuk terus mendukung upaya-upaya dalam menjaga kelancaran arus mudik-balik di Indonesia. Kerja sama yang solid dan koordinasi yang baik antara pemerintah, DPR, dan masyarakat, diharapkan kondisi arus mudik-balik dapat terus meningkat sehingga semua pemudik dapat merayakan Idulfitri dengan bahagia di kampung halaman mereka.

Sudewo menyambut positif ruas jalan tol Solo-Jogja sudah bisa dioperasionalkan untuk menunjang pelayanan adalah ruas Kartasura-Klaten.  “Jadi, sudah cukup bisa membantu kondisi sistem drainase juga dan dibenahi supaya dalam kondisi bagus pada saat musim hujan,” katanya. (gsu)
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.