DPR : Revitalisasi Pelabuhan Batu Ampar Tingkatkan Kapasitas dan Daya Saing

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung (Foto : Dok.DPR)

JakCityNews (Jakarta)–Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung menyoroti langsung perkembangan revitalisasi Pelabuhan Batu Ampar yang dikerjakan oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam dan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA). Revitalisasi sempat terkendala namun kini telah mencapai kemajuan di tahap pertama dan kedua, sehingga menandai kemajuan signifikan dalam upaya meningkatkan kapasitas dan daya saing pelabuhan.

“Kerja sama selama ini masih terkendala, namun sekarang kita lihat sudah selesai untuk tahap satu dan tahap dua. Jadi kita akan dorong terus untuk bisa tetap qsesuai dengan plan yang ada bisa ke tahap tiga dan seterusnya,” ujar Martin Manurung melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (23/6/2024)

Martin mengatakan revitalisasi bertujuan mengurangi ketergantungan pada pelabuhan luar negeri, terutama Singapura. Meskipun volume perdagangan Batam masih tertinggal, adanya direct call dari luar negeri ke Batam merupakan langkah maju yang signifikan.

“Sehingga tidak melulu kita tergantung kepada luar negeri, memang kalau dari sisi volume masih jauh dari Singapura. Tapi paling tidak sekarang sudah ada direct call dari luar negeri langsung ke Batam. Jadi kita akan kawal terus supaya Pelabuhan Batu Ampar bisa terus berkembang sesuai dengan rencana bisnis yang sudah disepakati di Komisi VI,” kata Anggota Fraksi NasDem itu.

Martin berharap revitalisasi ini dapat meningkatkan daya tarik Batam sebagai pusat logistik dan perdagangan internasional. Pelabuhan Batu Ampar diharapkan mampu menampung lebih banyak kapal dan menangani volume kargo yang lebih besar, mengurangi ketergantungan pada pelabuhan di negara tetangga.

Martin mengakui perjalanan revitalisasi ini bukannya tanpa hambatan. Revitalisi terhambat lantaran masih ada penyatuan persepsi antara BP Batam dan juga Persero dari perjanjian yang ada.

“Kemarin juga kita waktu kunjungan, kita mempertemukan kedua belah pihak agar kita ingin yang sudah lama terkatung-katung pada periode ini bisa mulai. Jadi dengan dimulainya revitalisasi pelabuhan Batu Ampar, ke depan kita tinggal kawal perkembangannya,” ujar Legislator Dapil Sumut II itu (gsu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.