DPR Apresiasi Usaha Pembentukan Kaukus Tuberkulosis

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel (Foto : Dok.DPR)

Jakarta (JakCityNews)–Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel memberika apresiasi terbentuknya Kaukus Tuberkulosis. Ia menilai pembentukan kaukus merupakan bukti nyata dari kerja keras Komisi IX DPR RI untuk meningkatkan kualitas hidup rakyat Indonesia dengan memerangi penyakit tuberkulosis (TBC).

“Di tengah persiapan pilkada ini, Komisi IX terus berusaha memperjuangan aspirasi rakyat, khususnya mengatasi tuberkulosis. Saya salut dengan semangat (Komisi IX),” kata Gobel saat membuka agenda peluncuran Kaukus Tuberkulosis di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2024). 

Politisi Fraksi NasDem ini juga mendukung setiap upaya pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait bersama dengan pihak swasta baik nasional maupun internasional. Ia menilai kolaborasi ini akan efektif jika terjalin berkesinambungan.

“Saya setuju dengan cara ini, menunjukan bagaimana kita bersikap dan berusaha mengantisipasi bahaya penyakit ini,” tegasnya.

Gobel berharap dukungan masif untuk mencegah tuberkulosis di kalangan tenaga kerja. Jika penyebaran tuberkulosis yang tidak tertangani efektif, ia khawatir bisa merusak roda perekonomian baik jangka pendek dan jangka panjang.

“(Upaya preventif ini) perlu mendapat perhatian karena memang dalam industri itu banyak yang suasana kondisi udaranya tidak bagus buat kesehatan. Inilah (usaha) yang melibatkan (perlu) melibatkan banyak pihak,” tandas legislator Dapil Gorontalo itu. 

Sebagai informasi, DPRI RI bersama Global Health Strategies (GHS) meluncurkan Kaukus Tuberkulosis. Pembentukan Kaukus ini melibatkan banyak pihak lintas sektor. Di antaranya Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Sekretariat Kabinet, Sekretariat Wakil Presiden, Bappenas, BPJS Kesehatan. (gsu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.