Puan Maharani : DPR Siap Gelar IAPF

Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Dok. DPR)

Jakarta (JakCityNews)–Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan kesiapannya untuk menggelar perhelatan Indonesia-Africa Parliamentary Forum (IAPF) atau forum parlemen Indonesia dengan negara-negara Afrika. 

Puan meyakini ajang IAPF pada 31 Agustus hingga 2 September 2024 ini akan meningkatkan nilai tambah hubungan Indonesia dengan Afrika yang memiliki sejarah panjang. 

Forum IAPF berkesinambungan dengan penyelenggaraan Forum Tingkat Tinggi (FTT) Indonesia-Afrika atau Indonesia-Africa Forum) yang digelar Pemerintah.

Puan mengatakan, forum parlemen Indonesia-Afrika bertema ‘Memperkuat Kemitraan Parlemen Indonesia-Afrika untuk Pembangunan’ sebagai salah satu cara membangun kemitraan antar Parlemen dapat memperluas hubungan Indonesia dengan Afrika agar menjadi lebih inklusif. 

“Artinya juga kita menjangkau hubungan antara masyarakat yang lebih luas, karena Parlemen adalah wakil rakyat,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/8/2024).

IAPF diharapkan menjadi langkah strategis dalam mempererat kerja sama antara parlemen Indonesia dan Afrika. Puan meyakini forum ini dapat meningkatkan kualitas hubungan kedua belah pihak.

“Saya yakin, pertemuan IAPF dapat  memberi ‘nilai tambah’ dalam hubungan negara-negara Afrika dengan Indonesia,” ujar Puan.

Menurut Puan, nilai tambah tersebut akan tercapai bila parlemen Indonesia dan negara-negara Afrika memperkuat kerja sama. Apalagi Indonesia dan Afrika memiliki historis di mana hubungan antar negara sudah telah terjalin sejak Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 dan Gerakan Non-Blok tahun 1961.

“Nilai tambah juga akan didapat jika kerja sama IAPF berkontribusi mewujudkan aspirasi rakyat di Afrika dan Indonesia sehingga kesejahteraan masyarakat di masing-masing negara dapat tercapai,” kata Puan.  (gsu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.