Sylviana Minta Pemerintah Sosialisasikan Upaya Pencegahan Kekerasan Anak

Anggota MPR Kelompok DPD RI, Sylviana Murni dalam diskusi Empat Pilar bertema “Mendorong Keberpihakan Negara dalam Perlindungan Anak” di Komplek Parlemen Senayan, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin, (13/12/2021).

JakCityNews (Jakarta) – Anggota MPR Kelompok DPD RI, Sylviana Murni mengatakan selain mensosialisasikan peraturan perundangan terkait perlindungan anak, pemerintah juga harus mensosialisasikan upaya pencegahan terjadinya tindak  kekerasan kepada anak-anak. Sosialisasi pencegahan kejahatan terhadap anak, ini bisa dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

“Anak-anak harus dikasih tahu, bahwa beberapa bagian tubuhnya, tidak boleh disentuh orang lain. Mereka juga harus diberi bekal, untuk menolak ajakan yang bisa menjerumuskan mereka pada tindak kekerasan. Serta membiasakan anak agar  berani berpendapat  dan berbicara terkait kejadian yang menimpanya,” kata Sylviana dalam diskusi Empat Pilar bertema “Mendorong Keberpihakan Negara dalam Perlindungan Anak” di Komplek Parlemen Senayan, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin, (13/12/2021).

Sebelumnya, Komisioner KPAI, Retno Listyarti menyampaikan  data terkait  kekerasan seksual anak yang terjadi beberapa tahun terakhir, dan menjadi perhatian lembaganya. Menurutnya, kejahatan seksual  bisa terjadi diberbagai lembaga pendidikan. Baik berasrama atau tidak,  bernaung  di bawah Kementerian Agama maupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kekerasan seksual terhadap anak, laksana gunung es. Banyak korban kejahatan seksual yang takut berbicara atau mengadu. Dan itu membuat upaya pendampingan terhadap mereka menjadi semakin sulit, karena bukti dan saksi kejahatan ini tidak mudah ditemukan, ” kata Retno Listyarti. (Bag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.