Magang di Rumah Rakyat, Mahasiswa Diminta Tingkatkan Soft Skill

Dede Yusuf (Foto : Dok. DPR)

JakCityNews (Jakarta) – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi menyambut positif program ‘Magang di Rumah Rakyat’ DPR RI Batch ke-4, di Ruang Pustakaloka, Gedung Nusantara IV DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (8/3/2024). Tercatat 350 dari 23.000 mahasiswa pendaftar, berhasil lolos seleksi dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Tahun 2024 tersebut.

Saat meresmikan ‘Magang di Rumah Rakyat’, dalam sambutannya Dede Yusuf mengatakan konsep dasar utama dari magang adalah bagaimana segenap mahasiswa-mahasiswi belajar masuk di dalam dunia nyata atau real life, khususnya dalam hal ini dunia kerja.

“Saya berpesan agar peserta magang menimba ilmu semaksimal mungkin dalam meningkatkan soft skill diantaranya kerja tim, komunikasi, respek, inisiatif, kolaborasi dan akses, ” kata Dede melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (10/3/2024).

Dede menambahkan bahwa bekerja sama lebih penting dibanding bekerja sendiri. Ia menilai tanpa komunikasi, siapapun akan sulit bekerja. Dede mengajak para mahasiswa belajar respek, menghargai teman mitra kerja termasuk atasan atau termasuk yang di bawah.

“Bagaimana menghargai office boy. Hal-hal seperti ini tidak ditemukan di kampus. Di dalam dunia kerja kita akan melihat bagaimana komunikasi adalah salah satu faktor yang penting, ” ujar Dede Yusuf.

Selain komunikasi, Politisi Fraksi Partai Demokrat tersebut itu menyebut tak kalah pentingnya adalah inisiatif. Siapa yang lebih berinisiatif maka akan membuka pintu akses untuk mendapatkan kepercayaan lebih. “Inisiatif menjadi aspek penting untuk kita menunjukkan kemampuan dan potensi diri, ” ujarnya. (gsu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.