Antisipasi Kebencanaan, DPR Minta Infrastruktur Perbankan Harus Kuat

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dolfie memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI ke Bandung (Dok. DPR)

JakCityNews (Jakarta) – Komisi XI DPR RI berharap infrastruktur perbankan berupa layanan tarik tunai tetap berjalan maksimal pada periode menjelang lebaran dan di tengah potensi banjir maupun longsor di banyak daerah di Indonesia.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dolfie Othniel Frederic Palit optimistis pelaku usaha perbankan dapat mengantisipasi problem infrastruktur tersebut. “Kalau lihat kesiapan infrastrukturnya, ATM itu kan tersebar banyak. Tidak hanya itu tapi juga ada kantor cabang pembantu dan unit di bawah,” ujar Dolfie melalui keterangan tertulisnya Sabtu (16/3/2024).

Saat kunjungan kerja spesifik Komisi XI ke Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/3/2024) dengan Himbara dan OJK itu, terungkap kesiapan perbankan pelat merah dalam mendistribusikan suplai uang tunai jelang lebaran nanti.

“Komisi XI berpesan, layanan perbankan lainnya dapat menggapai seluruh daerah di pelosok Indonesia termasuk yang rawan maupun tengah didera bencana alam, ” ujarnya.

Dalam kesempatan sama, Anggota Komisi XI DPR RI Jefry Romdonny menekankan bahwa komisinya pasti akan mengawasi kesiapan perbankan dalam melayani kebutuhan masyarakat tersebut. “Kami harus pastikan, apalagi masyarakat banyak yang menukarkan uang saat lebaran. Perbankan harus memastikan kesiapan tersebut. Jangan sampai pula ada ATM yang kosong,” terangnya.

Jefry memberikan apresiasi dari pemaparan Himbara, sudah ada penyiapan tempat-tempat penukaran uang dengan lokasi yang strategis agar gampang dijangkau masyarakat.

Menurut presentasi Direktur SDM & Kepatuhan Bank Mandiri, Agus Dwi Handaya, pihaknya telah menyiapkan uang tunai Rp4,4 triliun untuk menghadapi ramadan dan Idulfitri. Uang tunai itu diperkirakan akan memasok kebutuhan masyarakat di area Bank Mandiri Region VI (Jawa Barat). (gsu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.