DPR RI Ajak Jepang Terus Tingkatkan Akses Pekerja Terampil

Ketua GKSB DPR RI-Jepang Puti Guntur Soekarno bertukar cinderamata dengan Dubes Jepang Masaki Yasushi (Foto : DPR)

JakCityNews (Jakarta) – Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Jepang Puti Guntur Soekarno menekankan pentingnya pertukaran pelajar terutama skilled worker. Puti menilai saat ini, pendidikan memainkan peran penting dalam memperkuat kontak antar masyarakat dan terlebih lagi dapat mengatasi tantangan pengangguran serta kemiskinan.

“Tenaga kerja terampil (skilled worker) jadi tenaga kerja yang memang biasanya di Jepang itu bekerja di industri-industri lalu kemudian di rumah sakit sebagai nurse, lalu kemudian di bidang pertanian juga, ” ujar Puti saat mengadakan pertemuan bilateral dengan Dubes Jepang Masaki Yasushi di ruang Dubes, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (25/3/2024).

Puti mengatakan hubungan dipolomatik sejak 66 tahun lalu antara Indonesia-Jepang (sejak 1958) banyak para tenaga kerja terampil di Indonesia mendapatkan pengalaman bekerja di Jepang. “Kami berharap ketika kembali ke Indonesia, industri-industri Jepang yang sudah berinvestasi di Indonesia dapat menerima mereka dan mereka juga dapat mengembangkan pengetahuan dari apa yang mereka dapatkan di Jepang, ” ujar Puti.

Tak hanya itu, Puti mengapresiasi seluruh inisiatif dan program termasuk Jaringan Pertukaran Pelajar dan Pemuda Jepang-Asia Timur dan juga program lain yang fokus pada beasiswa. Diantaranya seperti Beasiswa Monbukagakusho dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang.

Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu juga mengapresiasi program pelatihan magang yang ditawarkan Pemerintah Jepang bagi lulusan SMA dan SMK di Indonesia. Ia berharap para lulusan SMA dan SMK dapat diberikan kesempatan bekerja di Jepang selama 3 hingga 5 tahun.

“Saya sangat berharap dan sangat mendorong kerja sama untuk menambah pengetahuan tentang budaya kerja Jepang seperti ini dapat terus berlanjut dan bahkan diperkuat, ” kata Puti. (gsu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.