GKSB DPR: Indonesia-Rumania Pererat Kerja Sama Bisnis

Ketua GKSB DPR RI-Parlemen Rumania, Nurul Arifin, didampingi Anggota GKSB DPR RI-Parlemen Rumania, Anton Sukartono, menerima menerima Dubes Rumania Dan Adrian Balanescu (Foto :Dok.DPR)

JakCityNews (Jakarta) – Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Parlemen Rumania, Nurul Arifin, menyatakan menerima Dubes Rumania Dan Adrian Balanescu di ruang Dubes Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (26/3/2024). Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk mempererat kerja sama di bidang bisnis.

Menurut Nurul saat ini kerja sama bisnis kedua belah pihak masih lebih banyak Indonesia yang mengekspor. Sementara dari pihak Rumania menghendaki kerja sama bisnis bisa berjalan seimbang dan peningkatan kerja sama bisnis agar berimbang.

“Jadi jangan sampai ada imbalance. Karena itu mereka ingin kerja sama bisnisnya lebih dipererat sehingga tidak cuma mereka ekspor, tapi juga mengimpor, dan kita mengekspor juga ke sana,” kata Nurul Arifin didampingi Anggota GKSB DPR RI-Parlemen Rumania, Anton Sukartono.

Kedua belah pihak juga sempat menyinggung kerja sama di bidang pendidikan. “Ada tukar-menukar mahasiswa yang bisa sekolah di sana dan juga dari sana sekolah di universitas yang ada di Indonesia. Selain itu juga ada banyak memberikan pelajaran bahasa Rumania,” ujar Nurul.

Sementara itu Anton mengungkapkan saat ini Indonesia telah banyak mengekspor sumber daya alam ke Rumania, ada pun produk Rumani yang potensial untuk diimpor adalah senjata. “Kalau dari sana kira-kira alat senjata, seperti peluru, senapan juga bagus. Kalau dari kita tentu sumber daya alam,” kata Politikus Fraksi Partai Demokrat ini.

Dubes Rumania menyampaikan pesan dari Parlemen Rumania bahwa mereka akan berkunjung ke Parlemen Indonesia. “Kami juga diundang untuk hadir, ada acara meeting tentang bisnis dan tadi investasi, dan itu dilaksanakan pada tanggal 22 April sampai dengan 24 April. Kami dari Parlemen Indonesia diundang untuk menghadiri diskusi tersebut,” jelas Nurul. (gsu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.